Harmonisasi Pendekatan Tekstual dan Kontekstual Berbasis Pendekatan Terpadu dalam Penetapan Rukun Nikah (Studi Terhadap Pemikiran Kalangan Tekstualis dan Kontekstualis INDONESIA)

Siddigiyah, Robiatus (2019) Harmonisasi Pendekatan Tekstual dan Kontekstual Berbasis Pendekatan Terpadu dalam Penetapan Rukun Nikah (Studi Terhadap Pemikiran Kalangan Tekstualis dan Kontekstualis INDONESIA). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROBIATUS SIDDIGIYAH_0839116006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkawinan adalah salah satu perbuatan hukum yang harus memenuhi rukun dan syaratnya. Karena rukun dan syarat sangat menentukan sah dan tidaknya suatu pekerjaan atau perbuatan. Status hukum perkawinan tidak sah apabila tidak melengkapi atau meninggalkan rukun dan syarat perkawinan. Berdasarkan pemikiran kalangan tekstualis pendekatan tekstual dalam penetapan rukun nikah adalah mengenali seluruh pernyataan tekstual yang sesuai dengan masalah yang sedang terjadi, melaksanakan penafsiran dan eksplanasi pada beberapa teks tersebut, merumuskan beberapa hukum dan beberapa aturan. sedangkan pemikiran kalangan kontekstualis dalam penetapan rukun nikah adalah mengkaji aksi individu yang sesuai ke dalam realita sosial yang sedang ditemukan, menjelaskan berbagai bentuk berdasarkan perbedaan atau kesamaan jenisnya motif tujuan dan aturannya, mengenali beberapa aturan universal yang membangkitkan interaksi antara berbagai kelompok, merubah beberapa aturan umum dari cara sebelumnya. Menggunakan pendekatan terpadu yang berusaha memadukan pendekatan tekstual dan pendekatan kontekstual melalui pendekatan terpadu. Agar menghasilkan ketetapan hukum yang pasti sehingga menarik peneliti melakukan penelitian pustaka. Tesis ini merupakan hasil dari penelitian kepustakaan (library research) untuk menjawab dua pertanyaan penelitian sebagai berikut : pertama, Bagaimana pendekatan tekstual dan kontekstual ulama fiqih tentang rukun nikah? Kedua, Bagaimana harmonisasi pendekatan tekstual dan kontekstual berbasis pendekatan terpadu dalam penetapan rukun nikah menurut Louay Safi? Data penelitian ini keseluruhannya diperoleh dan dihimpun melalui pembacaan dan kajian kepustakaan teks (teks reading) dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori terpadu louay safi dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa pertama Pendekatan tekstual dan kontekstual ulama fiqih tentang rukun nikah adalah bersifat literalistik kedua pendekatan terpadu dapat dilakukan dengan Evaluasi teks atau fenomena pada beberapa komponen dasar yaitu pernyataan wacana dan aksi fenomena, Pengklasifikasian pernyataan atau aksi yang sesuai di bawah satu kategori , Menandai beberapa aturan yang mempersatukan berbagai kategori, Mengenali beberapa aturan dan beberapa tujuan umum yang membangkitkan interaksi atau hubungan timbal balik dari berbagai kategori, Kodifikasi beberapa aturan yang didapatkan melalui beberapa prosedur sebelumnya dengan mengesampingkan kontradiksi. Kata Kunci: Harmonisasi, Pendekatan Tekstual dan Kontekstual, Pendekatan terpadu, Rukun Nikah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:51
Last Modified: 17 Mar 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20471

Actions (login required)

View Item View Item