Implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Ajung 03 Kecamatan Kalisat Tahun pelajaran 2015/2016.

Muharram, Mr (2015) Implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Ajung 03 Kecamatan Kalisat Tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Muharram_084611002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan sesuatu yang strategis, karena dengan pendekatan pembelajaran yang tepat akan terwujud suasana kelas yang kondusif dan dinamis, variatif, aktif dan menyenangkan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal, efektif dan efisien. Pembelajaran kontekstual adalah pendekatan pembelajaran dengan menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit dan dari proses mengkonstruksi sendiri sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Fokus penelitian dirumuskan sebagai berikut : Bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Ajung 03 tahun pelajaran 2015/2016 yang ditinjau dari ketujuh aspeknya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Ajung 03 tahun pelajaran 2015/2016 yang ditinjau dari ketujuh aspeknya. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena itu dikumpulkan melalui observasi partisipan, in dept interview dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif model Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SDN Ajung 03 diorientasikan pada latihan dan pembiasaan memecahkan masalah atas persoalan riil yang dihadapi dalam hidup kesehariannya, bukan sekedar transformasi pengetahuan yang diberikan guru kepada siswa dengan cara menghafal konsep-konsep yang terlepas dari kehidupan nyata, tetapi lebih ditekankan pada upaya memfasilitasi siswa untuk memiliki kemampuan mengatasi persoalan nyata yang dihadapi di lingkungan melalui pembelajaran kontekstual yang meliputi aspek konstruktivisme, aspek bertanya, aspek inquiry, aspek masyarakat belajar, aspek pemodelan, aspek refleksi dan aspek penilaian sebenarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:51
Last Modified: 17 Mar 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20473

Actions (login required)

View Item View Item