Metode Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Pasca Pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun 2018.

Muhdor, Mr (2018) Metode Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Pasca Pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Muhdor_082 141 051.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hizbut Tahrir Indonesia adalah salah satu organisasi yang memanfaatkan kebebasan berorganisasi di Indonesia, bagaimana tidak sejak didirikan pada dekade 1983-an, beberapa organisasi radikal Internasional mulai tumbuh dan berkembang di Indonesia, seiring dengan berdirinya Hizbut Tahrir berskala Internasional, organisasi ini diteruskan ke berbagai negara di penjuru dunia termasuk Indonesia. Hizbut Tahrir masuk ke kampus perguruan tinggi melalui Jaringan Lembaga dakwah kampus. Hizbut tahrir menekankan pada Daulah Islamiyah yang dipimpin oleh seorang khalifah yang dipilih secara demokratis oleh rakyat. Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana metode dakwah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pasca pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2018? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pasca pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2018? 3. bagaimana pendekatan dakwah yang dilakukan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pasca pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) metode atau cara yang digunakan oleh organisasi kemasyrakatan (ORMAS) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) setelah dibubarkan oleh pemerintah dalam melakukan sebuah aktivitas dakwah di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2018? 2) faktor pendukung dan penghambat kegiatan dakwah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pasca pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2018. 3) pendekatan dakwah yang dilakukan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pasca pembubaran di Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif agar hasil penelitian dapat dijelaskan secara jelas dan mendekati makna serta ketajaman analisis logis. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisa data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Metode dakwah yang digunakan Hizbut Tahrir Indonesia menerapkan operasionalisasi dakwah Rasulullah saw. Yang dibagi dalam tiga tahap, yakni : pembinaan dan pengkaderan (Marhalah At Tsaqif), Marhalah Tafa’ul Ma’a Al Ummah dan penerimaan kekuasaan (Marhalah Istilaam Al Hukm)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item View Item