Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.

Sudarmanto, Totok (2019) Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TOTOK SUDARMANTO_0849117044.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru Proses mencerdaskan kehidupan bangsa memerlukan kualitas pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Berhasil atau tidaknya peningkatan kualitas ini salah satunya ditentukan oleh keberhasilan dalam menyiapkan dan mengembangkan guru profesional yang berkualitas, memiliki integritas, dan bertanggungjawab. Kepala madrasah yang bermutu adalah yang profesional, yakni dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnyaa penuh dengan strategi-strategi peningkatan mutu, yaitu sebagai leader dengan melakukan inovasi dan motivasi, dan sebagai manager ahli dalam administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peran Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember sebagai seorang leader dan manager dalam mengembangkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini dipilih untuk memudahkan dalam memahami paparan data secara akurat dan sistematis. Subyek penelitiannya yaitu Kepala Madrasah, KaTU, waka humas, waka kurikulum, dan guru. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Setelah data berhasil dikumpulkan, dianalisis dengan tahapan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memiliki peran sebagai leader dan manager. Dalam perannya sebagai leader, Kepala Madrasah memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai innovator dan motivator. Dalam perannya sebagai manager, Kepala Madrasah memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai administrator.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item