Prinsip-Prinsip Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Hasanuddin Semboro Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Program Manajeman Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember

Utami, Tutik Sri (2019) Prinsip-Prinsip Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Hasanuddin Semboro Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Program Manajeman Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TUTIK SRI UTAMI_0849117046.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Prinsip-Prinsip Manajemen Pembiayaan Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Hal tersebut lebih terasa lagi dalam implementasi manajemen berbasis sekolah, yang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Fokus penelitian dalam tesis ini terbagi menjadi tiga, yaitu: 1) Bagaimana prinsip akuntabilitas pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro?, 2) Bagaimana prinsip efektivitas pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro?, dan 3) Bagaimana Prinsip Efisiensi pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro?. Tujuan dalam tesis ini yaitu: 1) Mendeskripsikan tentang prinsip akuntabilitas pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro , 2) Mendeskripsikan tentang prinsip efektivitas dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro,dan 3) Mendeskripsikan tentang prinsip efisiensi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam tesis ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles and Huberman dengan langkah data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data divalidasi dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian prinsip-prinsip manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasanuddin Semboro. Pertama, di dalam memanajemen keuangan lembaga pendidikan MTs Hasanuddin ini sudah menjalankan prinsip akuntabilitas dengan baik, dengan cara menggunakan keuangan sekolah/madrasah yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan dan peraturan yang telah disepakati serta peraturan yang berlaku, maka pihak lembaga sekolah membelanjakan uang secara bertanggung jawab.Kedua Menyusun rencana berdasarkan skala prioritas pelaksanaanya, Kemudian setelah menentukan program, pihak lembaga MTs Hasanuddin Semboro menetapkan rincian program, hal ini dilakukan untuk mempermudah dan supaya program kegiatan tetap fokus sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan,Ketiga, Di MTs Hasanuddin Semboro tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan pendidikan merupakan salah satu rangkaian efisiensi yang terjadi di Madrasah, diawali dengan pemilihan strategi yang paling tepat, dengan proses perencanaan yang matang terhadap segala yang berkaitan dengan pendanaan pembiayaan pendidikan yang memungkinkan menjadi energi yang sangat ampuh bagi tercapainya efisiensi proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item