Implementasi Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar YIMA Islamic School Bondowoso.

Feryyal, Vera (2018) Implementasi Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar YIMA Islamic School Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VERA FERYYAL_0849416006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Multiple Intelligences System, Kegiatan Pembelajaran, SD YIMA Islamic School Bondowoso. Kendala pada dunia pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas adalah prestasi anak didik hanya diukur dari kemampuan kecerdasan intelektual, yang menekankan pada kemampuan matematika dan bahasa. Kecerdasan Intelektual tidak hanya mencangkup dua parameter tersebut diatas, tetapi juga harus dilihat dari aspek musikal, kinestetis, visual-spacial, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Multiple Intelligences System ini merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi sistem pendidikan, dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pendidikan. Hambatan yang ada terkait dengan masalah etnik, gender, status sosial, dan lain-lain. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di SD YIMA Islamic School?. (2) Bagaimana Pelaksanaan Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di SD YIMA Islamic School?. (3) Bagaimana Evaluasi Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di SD YIMA Islamic School ?. adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di SD YIMA Islamic School. (2)Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di SD YIMA Islamic School. (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Multiple Intelligences System dalam Kegiatan Pembelajaran di SD YIMA Islamic School. Penelitian ini menggunakan teori dari Howard Gardner dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan fenomenologis, fokus pada satu lokasi penelitian yakni di SD YIMA Islamic School Bondowoso. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan model Miles and Huberman yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas melalui triangulasi dan member check.Triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: perencanaan, (1) Melaksanakan Multiple Intelligences Research adalah riset untuk menemukan gaya belajar siswa. (2) Memahami Strategi Multiple Intelligences, Pelaksanaan strategi ini berkaitan dengan kecerdasan apa saja. (3) Merancang Strategi Multiple Intelligences, proses transfer pengetahuan yang difokuskan pada kondisi siswa beraktivitas, bukan pada kondisi guru mengajar.(4) Menjadi guru Multiple Intelligences, Pelatihan yang dilakukan guru-guru YIMA dari Dinas Pendidikan setempat, maupun pelatihan internal disekolah, membuat Rencana Pembelajaran (Lesson Plan). Pelaksanaan, (1) Alpha Zone, Kondisi ini dikatakan baik untuk belajar sebagai kondisi yang tepat untuk melakukan sugesti. (2) Pre Teach, adalah aktivitas yang harus dilakukan sebelum aktivitas inti pembelajaran. (3) Scene Setting, adalah aktivitas yang dilakukan guru atau siswa untuk membangun konsep awal pembelajaran. (4) Strategi dalam Pembelajaran Multiple Intelligences yaitu pendekatan, strategi, metode dan tehnik, dari keempat strategi tersebut sudah mencangkup pada kurikulum 2013, yang mana kurikulum 2013 yang menggunakan 5 Saintifik sebagai pendekatan pembelajaran, dengan strategi khusus dari Multiple Intelligences. (5) Refleksi terbagi menjadi 2 yaitu refleksi the character dan the material. Refleksi the character mengulang kembali pembelajaran karakter dan materi pada hari itu.Evaluasi, (1) penilaian kognitif (2) penilaian psikomotorik. (3) Penilaian Afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item