Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Ahwal Syakhsiyyah Jurusan Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2012).

Musleh, Mr (2015) Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Ahwal Syakhsiyyah Jurusan Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2012). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Musleh_084 111 215.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi merupakan faktor penting pada mahasiswa dalam menentukan program studi yang mereka pilih. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya. Setiap mahasiswa memiliki dorongan yang kuat dalam penentuan pemilihan program studi yang akan mereka jalani, dapat diakatakan bahwa semangat mahasiswa dalam memilih suatu program studi ditentukan oleh motivasi dari mahasiswa tersebut, semangat belajar mahasiswa tidak akan tinggi jika mereka dipaksakan untuk memilih program studi yang tidak mereka inginkan. Semakin tinggi dan bererti suatu tujuan, semakin besar motivasinya, dan semakin besar motivasi akan semakin kuat kegiatan yang dilaksanakannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Motivasi Intrinsik Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Ahwal Syakhsiyyah jurusan Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2012)? 2) Bagaimana Motivasi Ekstrisik Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Ahwal Syakhsiyyah jurusan Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2012)? Tujuan penelitiannya adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Motivasi Intrinsik Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Ahwal Syakhsiyyah jurusan Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2012). 2) Untuk Mendeskripsikan Motivasi Ekstrinsik Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Ahwal Syakhsiyyah jurusan Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2012). Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskripstif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwasannya mahasiswa jurusan Syari’ah dalam memilih program studi ahwal syakhsiyyah dikarenakan termotivasi dari dua hal, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yang dimiliki oleh mahasiswa dalam memilih program studi Ahwal Syaksiyyah yaitu tiga mahasiswa mengatakan karena mereka ingin mengejar cita-cita menjadi hakim, selain itu minat mereka terhadap hukum juga mendorong mereka memilih prodi AS. Sedangkan tujuh mahasiswa mengatakan mereka merasa terpaksa mengambil program studi Ahwal Syakhsiyyah, karena sudah tidak ada pilihan lagi selain masuk di program studi. Kalau motivasi ekstrinsik mereka memilih program studi ini yaitu di program studi ahwal syakhsiyyah ini menyediakan beasiswa delapan semester, jadi mereka tertarik memilih program studi ini dikarenakan adanya beasiswa tersebut, dan juga karena keadaan segi ekonomi keluarga yang kurang mampu juga mendorong mereka untuk memilih program studi Ahwal Syakhsiyyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20484

Actions (login required)

View Item View Item