Imami, Vika Nuryulia (2018) Strategi Penyampaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
VIKA NURYULIA IMAMI_0849315025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Penyampaian Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Sekolah Luar Biasa (SLB) Konteks Penelitian: Pendidikan merupakan suatu wadah bagi setiap individu untuk mengembangkan Intelektual Question (IQ), Emotional Question (EQ), Spiritual Question (SQ), maupun skill serta potensi yang ada dalam dirinya. Akan tetapi tidak semua anak terlahir dalam kondisi normal dan sempurna. Tidak sedikit kita jumpai anak-anak yang memiliki gangguan pada perkembangan fisik dan mentalnya. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan istilah untuk anak yang menandakan adanya kelainan khusus. Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Bhakti Wanita Lumajang merupakan lembaga khusus yang menyelenggarakan pendidikan untuk anakanak berkebutuhan khusus dari semua jenis ketunaan. Tujuan kurikulum di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang adalah bukan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, melainkan bagaimana dengan kemampuan dan keterampilan yang ada pada diri mereka dapat diterima oleh masyarakat. Berdasarkan konteks penelitian tersebut maka fokus penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang. (2) Bagaimana interaksi antara peserta didik dengan media dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang. (3) Bagaimana bentuk belajar mengajar yang digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang. (2) Mendiskripsikan interaksi antara peserta didik dengan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak kerkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang. (3) Mendiskripsikan bentuk belajar mengajar yang digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bhakti Wanita Lumajang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20485 |
Actions (login required)
View Item |