Pengaruh Pemahaman materi PAI BP dan Pembinaan Keluarga terhadap Pengamalan Ibadah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Glagah, Kabupaten Banyuwangi

Nuzula, Yuni Firdausi (2020) Pengaruh Pemahaman materi PAI BP dan Pembinaan Keluarga terhadap Pengamalan Ibadah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YUNI FIRDAUSI NUZULA_0849317052.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci : PAI dan Budi Pekerti, Pembinaan Keluarga, Pengamalan Ibadah Idealnya materi PAI dan Budi Pekerti dapat meningkatkan pengamalan ibadah. Selain adanya penyampaian materi yang marginal dan kompetensi guru yang mumpuni, materi PAI dan Budi Pekerti dengan pembinaan keluarga memiliki hubungan yang sangat erat. Dengan pemberian materi yang maksimal dan pembinaan keluarga yang baik maka pengamalan ibadah siswa akan menjadi lebih baik. Sehingga siswa dapat melaksanakan ibadah secara kontinuitas, karena mereka telah mendapat pemahaman materi PAI dan Budi Pekerti yang maksimal dan pembinaan keluarga yang mumpuni. Dari paparan diatas idealnya dengan adanya pemahaman materi PAI dan Budi pekerti dan pembinaan keluarga yang baik maka akan meningkat pula pengamalan ibadah siswa. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh pemahaman materi PAI BP terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi? (2) Adakah pengaruh pembinaan keluarga terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi? (3) Adakah pengaruh pemahaman materi PAI BP dengan pembinaan keluarga terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan pengaruh pemahaman materi PAI BP terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi. (2) Mendiskripsikan pengaruh pembinaan keluarga terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi (3) Mendiskripsikan pengaruh pemahaman materi PAI dan budi pekerti dengan pembinaan keluarga terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian asosiatif. Teknik yang digunakan untuk menetukan ukuran sampel yaitu dengan teknik Probability Sampling dengan teknik Proportionate Random Sampling, Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu dengan teknik proposional sampel. Pengumpulan data menggunakan tes dan instrument kuesioner atau angket. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah korelasi dan untuk menentukan hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana ( Uji t ) dan regresi berganda ( uji F ). Hasil penilitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemahaman materi PAI BP terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi sebesar 14,624 %. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pembinaan keluarga terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah kabupaten Banyuwangi sebesar 23,1222 %. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman materi PAI BP dengan pembinaan keluarga terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Glagah Kabupaten Banyuwangi sebesar 37,6996%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20486

Actions (login required)

View Item View Item