Kepemimpinan Kiai dalam Membangun Komitmen Organisasi: Studi Multikasus Peantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang dan Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan.

Nawawi, Mr (2021) Kepemimpinan Kiai dalam Membangun Komitmen Organisasi: Studi Multikasus Peantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang dan Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Nawawi_0841917025.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata kunci: Kepemimpinan Kiai dan Komitmen Organisasi Kepemimpinan kiai merupakan sentral ketahanan pesantren, karena sosok kiai adalah elemen esensial dalam sistem pendidikan di pesantren. Perkembangan kualitas dan kuantitas pesantren tidak dapat dilepaskan dari kiai sebagai pemegang otoritas tertinggi di pesantren. Kapasitas kiai dan cara kiai dalam mengkomunikasikan ide kepada masyarakat menentukan penerimaan masyarakat terhadap kepemimpinannya. Hal itu dijalankan dengan model kepemimpinan profetik yang menekankan pada beberapa sumber kekuasaan personal dan komunikasi berdasarkan tujuan profetik Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana kekuasaan kiai dan bagaimana komunikasi kiai dalam membangun komitmen organisasi. Adapun teori-teori yang digunakan sebagai landasan penelitian adalah Teori Reinhart, Hersey, tentang peran kepemimpinan. Teori kekuasaan Franch dan Raven tentang kekuasaan dan Berlo tentang komunikasi. Teori Blau dan Scott, Carzo dan Yanouzas tentang organisasi, dan Teori Etzioni, Mayer dan Allen, dan Steers tentang komitmen organisasi. Adapun metodologi penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif deskriptif dengan kerangka studi multikasus yang mengacu pada Teori Robert K. Yin dengan menggunakan analisis teori Milles, Huberman dan Saldana dengan tiga langkah yaitu kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification) Hasil penelitian ini adalah: Pertama sumber-sumber kekuasaan kiai yang memiliki potensi untuk memengaruhi pengikut adalah: kekuasaan karismatik, kekuasaan keahlian, kekuasaan imbalan, kkuasaan identitas, kekuasaan genealogi, Kedua, komunikasi kiai yang efektif adalah komunikasi profetik yang mengembangkan model komunikasi teori Berlo yang dikembangkan dengan elemen tujuan profetik dan konteks komunikasi interapersonal dan interpersonal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item View Item