Implementasi Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Sudut Pandang Al Ghazali (Studi Kependidikan di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018).

Abidin, Zainal (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Sudut Pandang Al Ghazali (Studi Kependidikan di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zainal Abidin_0849316046.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter – Al Ghazali – Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Pendidikan merupakan suatu sistem yang berupaya membentuk manusia seutuhnya. Karena dengan pendidikan, manusia diharapkan agar mampu menjadi manusia yang berakhlak dan bermartabat. Hal tersebut bisa maksimal apabila konsep pendidikan yang diterapkan secara prinsipal mengacu pada pembangunan karakter. Yakni konsep pendidikan yang dalam proses pembelajarannya terdapat praktik penanaman nilai serta pembiasaan sikap positif dalam kehidupan seharihari seperti halnya konsep pendidikan karakter Al Ghazali yang dirumuskan dengan beberapa nilai yang harus dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik. MA Unggulan Nuris merupakan lembaga formal yang sangat memprioritaskan akhlak terhadap peserta didiknya terlepas peran pendidik yang selalu dijadikan uswah akibat terpancaranya karakter positif yang melekat pada kepribadian dirinya. Nilai-nilai karakter pendidik dan peserta didik itulah yang kemudian dalam tesis ini ditinjau melalui konsep pendidikan karakter Al Ghazali dalam pengimplementasiannya di lembaga tersebut. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 jika ditinjau dari sudut pandang Al Ghazali? 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 jika ditinjau dari sudut pandang Al Ghazali? 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 jika ditinjau dari sudut pandang Al Ghazali? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 jika ditinjau dari sudut pandang Al Ghazali, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter Al Ghazali di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 jika ditinjau dari sudut pandang Al Ghazali, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter Al Ghazali di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 jika ditinjau dari sudut pandang Al Ghazali. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode, serta analisa datanya adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:53
Last Modified: 17 Mar 2023 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20488

Actions (login required)

View Item View Item