Analisis Implementasi Akad Mudharabah pada Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember.

Nurhidayatullah, Ms (2019) Analisis Implementasi Akad Mudharabah pada Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Nurhidayatullah_E20151048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan iB Modal Kerja merupakan produk yang ada di Bank Muamalat dimana pembiayaan yang diberikan oleh bank syariah untuk membantu kebutuhan modal kerja usaha atau perputaran usaha nasabah pembiayaan. Pembiayaan ini digunakan untuk membantu kebutuhan modal kerja usaha atau meningkatkan usaha nasabah yang mendapatkan pembiayaan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme pelaksanaan akad mudharabah pada pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember? 2) Bagaimana hambatan dalam akad mudharabah pada pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember? 3) Bagaimana solusi dalam akad mudharabah pada Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan mekanisme pelaksanaan akad mudharabah pada pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui dan memahami Hambatan dalam akad mudharabah pada pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui dan memahami solusi dalam akad mudharabah pada pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja di Bank Muamalat Cabang Jember. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Implementasi akad mudharabah pada pembiayaan iB Muamalat modal kerja di Bank Muamalat Cabang Jember untuk syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sudah sesuai dengan teori. Akan tetapi dalam hal pelaksanaannya belum sesuai dengan teori, dimana yang seharusnya pembiayaan modal kerja digunakan untuk membiayai perorangan maupun instansi, di Bank Muamalat Jember sendiri hanya digunakan untuk membiayai Koperasi. 2) Hambatan yang ada dalam pembiayaan modal kerja di Bank Muamalat Cabang Jember yaitu seperti: Side Streaming, data nasabah yang tidak lengkap, laporan keuangan yang masih manual, jaminan dalam bentu barang maupun surat-surat berharga tidak ada, dan sering macet dalam hal angsuran. 3) Solusi yang dilakukan oleh Bank Muamalat Cabang Jember terhadap anggota maupun koperasi yaitu seperti: Pemberian surat peringatan atau sanksi baik perdata maupun pidana, membantu membuat laporan keuangan dalam bentuk excel, harus adanya jaminan (collateral), memberikan informasi maupun sosialisasi terkait pembiayaan modal kerja. Kata Kunci: Pembiayaan, Mudharabah, iB Muamalat Modal Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:53
Last Modified: 17 Mar 2023 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item