Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SDN Bintoro 03 Patrang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Rusmiyati, Ms (2015) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SDN Bintoro 03 Patrang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Rusmiyati_084 106 034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diantara penyebab dunia pendidikan kurang mampu menghasilkan lulusannya yang diharapkan adalah karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektual, wawasan dan ketrampilan semata, tanpa diimbangi dengan membina kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya. Untuk menjawab hal tersebut upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa adalah hal yang sangat tepat dan penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar mencapai out put yang berkualitas, juga sangatlah penting untuk dunia pendidikan Islam dan untuk kelangsungan hidup siswa ketika terjun dalam masyarakat. Namun dalam hal inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam ini tentu tidak akan mulus begitu saja dalam pelaksanaannya, dalam prosesnya pasti akan mengalami banyak permasalahan. Masalah tersebut bisa berasal dari peserta didik, pendidik, media pembelajaran, waktu dan lingkungan. Fokus penelitian upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015. Dengan sub fokus penelitian 1.Bagaimana upaya guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015? 2 Bagaimana upaya guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015? 3 Bagaimana upaya guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah 1). Untuk mengetahui upaya guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2). Untuk mengetahui upaya guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015 3). Untuk mengetahui upaya guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang yang diamati, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang dilakukan dengan cara mengambil subyek berdasarkan tujuan tertentu, sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, interview, dan dokumenter. Hasil penelitian yang terkumpul kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Selanjutnya untuk melihat keabsahan/validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spritual siswa di SDN Bintoro 03 Patrang Jember tahun pelajaran 2014/2015 adalah guru berperan sebagai Pengajar, yang dalam proses pembelajaran, kurikulum yang ditetapkan, guru sebagai pendidik, yang mengarahkan peserta didik, untuk dapat belajar dan menguasai isi pelajaran (aspek kognitif), mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) peserta didik, sebagai motivator yang memberikan motivasi terhadap peserta didik dalam belajar, agar peserta didik memiliki motivasi untuk belajar, baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik serta merupakan salah satu sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:53
Last Modified: 17 Mar 2023 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item View Item