Tradisi Masyarakat Tentang Ayat-Ayat Pilihan Sebagai Pemindah Hujan (Nyarang) Studi Living Qur’an Di Dusun Suko Timur Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.

Zainal, Moh. (2018) Tradisi Masyarakat Tentang Ayat-Ayat Pilihan Sebagai Pemindah Hujan (Nyarang) Studi Living Qur’an Di Dusun Suko Timur Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Zainal_082142020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tradisi secara umum di artikan sebagai pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktek, dan lain-lain yang di wariskan turun temurun termasuk cara penyampaian pengetahuan, doktrin dan praktek tersebut. Di dalam pengamalan ayat-ayat tentanga yat-ayat pilihan sebagai pemindah hujan (Nyarang), biasanya kegiatan ini dilakukan apabila masyarakat sudah membutuhkan jasa para ahli Nyarang hujan yang di yakini bagi masyarakat Kramat Sukoharjo, kemudian dalam kebiasaan masyarakat tidak menentu kebutuhannya terkadang jasa Nyarang hujan di butuhkan pada waktu ada acara Pernikahan, Khitan, Kifayah, Haflatul Imtihan, dan lain-lain yang dianggap pada saat acara membutuhkan jasa Nyarang hujan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah :(1).Ayat-ayat apa saja yang digunakan? (2).Bagaiman Cara atau metode menggunakan amalan sebagai pemindah hujan (Nyarang)? (3).Bagaimana syarat-syarat menggunakan amalan tersebut? Penelitian ini bersifat lapangan dengan menggunakan metode kualitatif diskriktif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Jenis penelitian ini merupakan Living Qur’an yaitu mengungkapa yat-ayat Al-Qur’an yang hidup di tengah-tengah masyarakat sebagai rutinitas, kepercayaan maupun kebiasaan yang ada di tengah-tengah masyarakat Kramat. Hasil dari penelitian ini yaitu 1).Bahwa ayat yang digunakan dalam Nyarang pertama Surat Al-Fatihah. Kedua surat Al-An’am Q.S 104. Ketiga surat Hud Q.S 44. Keempat surat Al-Ihlas, Al-Falaq, dan Annas.2). Dalam mengamalkan atau prakteknya tentunya ayat dan metode penggunaanya berbada, dan memerlukan syarat dan ketentuan yang harus dijalankan oleh Penyarang hujan agar dalam mengamalkan Do’a-do’anya terkabulkan oleh Allah Swt.3). Penyarang hujan memberikan pendapat yang berbeda-beda dalam memahami adanya Nyarang hujan yang ada di Dusun Suko Timur Desa Kramat Sukoharjo KecamatanTanggul Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:16
Last Modified: 17 Mar 2023 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item View Item