Perbandingan Konsep Etika Peserta Didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-Alim Wa al-Muta’allim dengan az- Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim

Badrudin, Mr. (2015) Perbandingan Konsep Etika Peserta Didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-Alim Wa al-Muta’allim dengan az- Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Badrudin_084 111 243.pdf

Download (832kB)

Abstract

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa KH. Hasyim Asy’ari dan az-Zarnuji merupakan tokoh pendidikan yang karyanya dipelajari di semua pondok pesantren baik tradisional maupun modern. Beliau berdua merasa betapa sangat pentingnya sebuah tatanan akhlak yang harus dibiasakan oleh para peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran. Menurut beliau berdua, etika sangatlah penting dalam proses pembelajaran, karena tanpa etika ilmu yang diperoleh tidak akan barokah. Untuk itu, fokus penelitian ini secara umum adalah Bagaimana konsep etika peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab adab al-alim wa al- muta’allim dengan az-Zarnuji dalam kitab ta’lim al-muta’allim? Sedangkan sub fokus penelitian adalah (1) Bagaimana konsep etika peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari? (2) Bagaimana konsep etika peserta didik menurut Az-Zarnuji? (3) Bagaimana perbandingan konsep etika peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Az-Zarnuji? Sedangkan tujuan penelitian ini secara umum adalah Mendiskripsikan konsep etika peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab adab al-alim wa al-muta’allim dengan az-Zarnuji dalam kitab ta’lim al-muta’allim. Sedangkan secara khusus yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan konsep etika peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari (2) Untuk mendeskripsikan konsep etika peserta didik menurut Az-Zarnuji (3) Untuk mendeskripsikan perbandingan konsep etika peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Az-Zarnuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya dikumpulkan melalui dokumenter, dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research), sementara analisis datanya menggunakan teknik deskriptif komparatif dan content analisis. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum konsep etika peserta didik antara KH. Hasyim Asy’ari dan az-Zarnuji adalah sama. Namun yang menjadi pembeda yaitu terletak pada waktu dan tempat belajar, memilih ilmu, dan penggunaan pena. Tentang waktu dan tempat belajar, KH. Hasyim Asy’ari lebih detail pembahasannya dari pada az-Zarnuji, begitupun tetang pemilihan ilmu. Dalam penggunaan pena, Az-Zarnuji menghimbau agar tidak ada warna merah didalam kitab, karena hal itu perbuatan kaum filsafat bukan ulama salaf. Sedangkan KH. Hasyim Asy’ari tidak menjelaskan perihal penggunaan pena..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:53
Last Modified: 17 Mar 2023 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20513

Actions (login required)

View Item View Item