Implementasi Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Zainullah, Mr (2017) Implementasi Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Zainullah_084 121 356.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran kitab Taisirul Kholaq adalah kegiatan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir dan memperoleh pengetahuan lebih banyak. Penerapan pembelajaran sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap tahap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan penerapan pembelajaran, dan kualitas pembelajaran yang diajukan guru akan menentukan kualitas dan kreativitas siswa dari penerapan pembelajaran pada peserta didik. Berangkat dari latar belakang di atas, peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penerapan pembelajaran pada mata pelajaran kitab Taisirul khollaqdi Madrasah Diniyah Renes Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga dari masalah di atas peneliti merumuskan. a). Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Taisirul khollaq dalam meningkatkan kualitas ahklak santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso AjungJember tahun ajaran 2017/2018 ?b). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Taisirul khollaq dalam meningkatkan kualitas ahklak santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso AjungJember tahun ajaran 2017/2018 ?c). Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Taisirul khollaq dalam meningkatkan kualitas ahklak di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember tahun ajaran 2017/2018 ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, a). mendeskripsikan penerapan pembelajaran pada mata pelajaran kitab Taisirul khollaq di Madrasah Diniyah Renes Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2017/2018a). Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Taisirul khollaq dalam meningkatkan kualitas ahklak santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso AjungJember tahun ajaran 2017/2018b). Untuk mendiskripsikan pelaksanaanpembelajaran kitab Taisirul khollaq dalam meningkatkan kualitas ahklak santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso AjungJember tahun ajaran 2017/2018 c). Untuk mendiskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Taisirul khollaq dalam meningkatkan kualitas ahklak di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso AjungJember tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif, model Milles and Interaktif Hubermen dan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi teknik. .Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa (a) Perencanaan Pembelajaran Kitab Taisirul Khollaq Dalam Meningkatkan Kualitas Ahklak Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember, yang berupa pemberikan pembelajaran dengan jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan perhatiandan pemberian tuntunan kepada siswa.(b) Pelaksanaan Pembelajaran yang dilaksanakan untuk mentransfer pengetahuan dan nilai-nilai tentang akhlak yang diberikan, guru menggunakan metode, salah satu metode yang digunakan oleh guru yaitu pembelajaran untuk melihat peran aktif siswa dalam menerima materi yang di sampaikan oleh guru. (c) Evaluasi pembelajaran kitab tasirul khollaq dilakukan dengan melihat peran aktif siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dikelas, hal tersebut diketahui dari tercapainya indikator implementasi pembelajaran dari banyak indikator yang diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:54
Last Modified: 17 Mar 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20517

Actions (login required)

View Item View Item