Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Mengembangkan Mutu Pendidikan, Studi Kasus MA Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember

Bukadin, Mr. (2019) Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Mengembangkan Mutu Pendidikan, Studi Kasus MA Unggulan Nurul Islam Antirogo Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Bukadin_0849116016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Madrasah Unggulan, Mutu Pendidikan Sebagai institusi pendidikan tertua dan khas Indonesia, pesantren memiliki peran yang cukup signifikan dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Oleh sebab itu, pendidikan dan pembelajaran di pesantren hendaknya memiliki integritas the idea of progress (gagasan tentang kemajuan) bagi anak didik yang menimba ilmu pengetahuan di dalamnya. Dewasa ini pesantren telah mengalami perkembangan cukup pesat, hal ini dapat dilihat dari aspek materi yang diajarkan, metode pengajaran, model pengembangan mutu, karakteristik serta afiliasinya pada gerakan-gerakan keislaman di Nusantara. Pesantren modern senantiasa dipandang sebagai pesantren yang istimewa, sebab pesantren yang demikian dianggap sebagai institusi yang mampu mempertahankan eksistensinya di tengah arus informasi yang menjadi katalisator perubahan di tengah-tengah masyarakat. Sebab itu, manajemen pembelajaran di pesantren modern sangatlah menarik dicermati. Tesis ini, hasil penelitian tentang Manajemen pembelajaran dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan Studi Kasus MA. Unggulan Nurul Islam Antirogo yang terletak di Kabupaten Jember. Yaitu, memiliki nama pondok pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember. Penelitian kualitatif Studi Kasus ini mencoba untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut: 1. Bagaimana konsep perencanaan pembelajaran dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan Studi Kasus MA. Unggulan Nuris Jember; 2. Bagaimana pola pelaksanaan pembelajaran dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan Studi Kasus MA. Unggulan Nuris Jember; 3. Bagaimana model evaluasi pembelajaran dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan Studi Kasus MA. Unggulan Nuris Jember. Hasilnya sebagai berikut: “Konsep perencanaan pembelajaran di MA Unggulan Nuris Jember” mengacu pada RPP dan kurikulum K-13 meliputi; Identitas sekolah, materi pokok, alokasi waktu, tujuan, metode, sumber belajar, penilain dan lain-lain. “Pola pelaksanaan pembelajaran di MA Unggulan Nuris Jember” mengacu pada silabus dan kurikulum K-13 meliputi; standar kompetensi (SK), kopetensi dasar (KD), indikator kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, menetapkan dan memilih tema dan lain-lain. “Model Evaluasi pembelajaran di MA Unggulan Nuris Jember” melalui pengamatan, tes kinerja, tes tulis, tes lisan, observasi, penilaian portofolio dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:54
Last Modified: 17 Mar 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item