Pengembangan bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-nilai Keislaman kelas VI Madrasah Ibtidaiyan Negeri 2 Jember.

Sumining, Ms (2020) Pengembangan bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-nilai Keislaman kelas VI Madrasah Ibtidaiyan Negeri 2 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sumining_0849418023.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata Kunci : Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik, Nilai Keislaman Pengembangan bahan ajar tematik berbasis nilai keislaman belum tersedia secara luas, maka dipandang perlu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis nilai keislaman, terutama yang terkait dengan isi ayat Al - Qur'an dan/atau hadits sebagai dasar dari semua sains. Dalam buku yang telah tersedia tidak ada bahan ajar tematik yang terintegrasi dengan Alquran, dan Hadits, serta nilai-nilai Islam yang mampu mengimplementasikan kompetensi inti dari kurikulum 2013 yaitu kompetensi sikap spiritual di setiap mata pelajaran dalam pembelajaran tematik . Tujuan pengembangan bahan ajar ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar tematik berbasis nilai keislaman tema 7 ( Kepemimpinan ) kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. (2) mengetahui efektifitas bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development model Borg and Gall yang terbagi menjadi 10 langkah, yaitu : (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan , (9) penyempurnaan produk hasil , dan (10) diseminasi dan implementasi . Tetapi dalam pengembangan ini hanya sampai langkah ke 9, karena produk masih digunakan pada konteks lingkungan tertentu saja. Teknik uji coba dilakukan dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test dari 26 siswa, kemudian data dihitung dengan uji-t dan diolah menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui efektifitas bahan ajar. Hasil penilaian dari validasi ahli materi adalah 89,41% , ahli bahasa 88%, dan ahli desain 91,67%. Rata-tara nilai dari ketiga ahli tersebut adalah 89,69% dengan kriteria sangat layak, sehingga bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai keislaman layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari angket siswa menunjukkan 88,5%, dengan kriteria bahwa bahan ajar tersebut sangat menarik. Hasil analisis data dalam uji coba lapangan bahwa nilai pre-test menunjukkan bahwa 30,77% tuntas dan 69,23 % tidak tuntas, sedangkan hasil dati post-test menunjukkan 76,92% tuntas dan 23,08% tidak tuntas. Hasil analisis data uji-t diperoleh bahwa t hitung > t tabel ( 9,568 > 2,0556 ) , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Tematik Berbasis Nilai-nilai Keislaman Kelas VI Tema 7 yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:54
Last Modified: 17 Mar 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item