Winari, Ms (2015) Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadis Kepada Siswa Kelas VI Di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Winari_084 111 088.pdf Download (3MB) |
Abstract
Guru adalah salah satu unsur penting dalam proses pendidikan. Tugas utama guru ialah menciptakan suasana kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa. Untuk itu guru seyogyanya memiliki kemampuan untuk melakukan interaksi belajar mengajar dengan baik. Salah satu kemampuan yang penting untuk dimilki ialah kemampuan mengelola kelas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiman perencanaan strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadis kepada siswa kelas VI di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2) Bagaiman pelaksanaan strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadis kepada siswa kelas VI di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 3) Bagaiman evaluasi strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadis kepada siswa kelas VI di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar AlQur’an Hadis kepada siswa kelas VI di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan startegi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadis kepada siswa kelas VI di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan ajung Kabupaten Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi startegi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadis kepada siswa kelas VI di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini ialah Perencanaan Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember yakni dengan membuat: 1) silabus; 2) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran); 3) Program tahunan dan 4); program semester. Pelaksanaan pengelolaan guru a) Menciptakan hubungan yang baik dengan siswa; b) Memberikan pujian dan hadiah (reward); c) Menggunakan metode yang bervariasi. Evaluasi yang dilakukan dengan: 1) ulangan harian; 2) ulangan mingguan; 3) ujian semester dan buku monitoring Adapun aspek yang dininlai dari evaluasi strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru yaitu: a) aspek kognitif, siswa lebih memahami dan menghafal Al-Qur’an Hadist; b) aspek afektif, tingkah laku siswa dapat berubah lebih baik; c) aspek psikomotorik, siswa bisa mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dari materi yang telah didapat dari sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:55 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20533 |
Actions (login required)
View Item |