Pembentukan Karakter Kepedulian Melalui Tingkah Laku Prososial di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Wirdawati, Ms (2018) Pembentukan Karakter Kepedulian Melalui Tingkah Laku Prososial di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Wirdawati_084 131 452.pdf

Download (7MB)

Abstract

karakter adalah sifat, watak, tabiat yang melekat pada diri seseorang sehingga terbentuk karakter/sifat yang beda dengan yang lainnya. Dan pendidikan karakter merupakan keseluruhan dinamika relasional antar pribadi dengan berbagai macam dimensi, baik dari dalam maupun dari luar dirinya. Pendidikan karakter bertujuan membentuk setiap pribadi menjadi insan yang berkeutamaan di SMP Plus Darussholah dengan melihat fenomena yang ada, yaitu tingkat kepeduliannya masih sangat minim/rendah terhadap teman dan lingkungan sekitar. Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana metode pembentukan karakter kepedulian melalui tingkah laku prososial di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018?. 2) Apa saja faktor-faktor pembentukan karakter kepedulian melalui tingkah laku prososial di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode pembentukan karakter kepedulian melalui tingkah laku prososial di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 20172018. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor pembentukan karakter kepedulian melalui tingkah laku prososial di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara Purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah : 1) Metode pembentukan karakter dalam hal keteladanan di antaranya dengan melakukan pengajian, sholat dhuha berjamaah dan tata bahasa yang baik kepada orang yang lebih tua di lakukan siswa untuk membentuk metode keteladanan dalam aktifitas sehari-hari. Kemudian metode keteladanan tersebut di praktikkan siswa dengan cara mengulang-ngulang apa yang telah di dapat dan di pahaminya, dan di lanjutkan dengan metode membaca asmaul husna ketika masuk dalam kelas dalam membentuk rasa empati pada orang lain, dan terakhir di lanjut dengan metode pengungkapan cerita yang di ambil dari kisah-kisah nyata / kisah lainnya yang bisa memotivasi siswa untuk lebih peduli terhadap teman dan sekitarnya dan juga di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) faktor-faktor pembentukan karakter dalam hal membangun ketajaman visi dengan menetapkan visi dan tujuan kemudian siswa juga di latih untuk mempunyai kompetensi diri dengan membangun konsep diri dan lebih fokus pada arah yang di tujunya. Contoh: ingin mendapat nilai/hasil yang memuaskan di antara semua teman-temannya. Dan menciptakan hidup efektif dengan memanfaatkan waktu yang ada, sehingga tidak terbuang percuma dan sia-sia, dan di lanjut dengan melatih kepedulian ssosial yaitu mempunyai rasa empati terhadap orang lain untuk lebih peduli, dan juga memiliki sifat profesional dengan bermula pada kejujuran dan disiplin diri, dan yang terakhir menjadi pemimpin dengan hati nurani, dengan adanya sifat yang bisa memotivasi orang lain dan tepat dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:55
Last Modified: 17 Mar 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item View Item