Strategi Dakwah Ustad Rofikin Dalam Menyikapi Perubahan Perilaku Masyarakat Dusun Gedok Desa Argosari Senduro Lumajang.

Hafid, Mr. (2017) Strategi Dakwah Ustad Rofikin Dalam Menyikapi Perubahan Perilaku Masyarakat Dusun Gedok Desa Argosari Senduro Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Hafid_082 121 020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata B29 dianggap membawa pengaruh tersendiri bagi masyarakat sekitar khususnya Dusun Gedok. Pengaruh itu berupa perubahan perilaku masyarakat. Perubahan perilaku tersebut menyangkut status sosial, perilaku keagamaan serta lingkungan sekitar. Mencermati kondisi diatas, peneliti mengkaji berbagai fakta terkait perubahan perilaku masyarakat Dusun Gedok Desa Argosari Senduro Lumajang. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi Ustad Rofikin dalam mensikapi perubahan perilaku masyarakat Dusun Gedok Desa Argosari Senduro Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif agar supaya hasil penelitian dapat dijelaskan secara jelas dan mendekati makna serta ketajaman analisis logis. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisa data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah Ust Rofikin dalam penyikapi perubahan perilaku yang terjadi dalam masyarakat Dusun Gedok Desa Argosari Kecamatan Senduro Lumajang adalah dengan dakwah bil hikmah, mau’idzah hasanah dan mujadalah. Hal ini dilakukan oleh Ust Rofikin guna memberikan pemahaman keagamaan terhadap masyarakat serta memperbaiki nilai-nilai akhlak dan moral masyarakat khususnya para pemuda dan remaja. Sikap dakwah Ustad Rofikin yang cenderung lemah lembut dan budi pekerti serta akhlak yang baik membuat gerakan dakwahnya mudah diterima oleh masyarakat, strategi dakwah yang dilakukan oleh Ustad Rofikin mampu memperbaiki perilaku keagamaan dan sosial masyarakat. Keberhasilan dakwah Ustad Rofikin dalam hal keagamaan ditunjukkan dengan kegiatan jamaah sholawat secara rutin, majlis taklim muslimatan, majlis istighosah dan sebagainya. Tidak hanya itu, dalam hal sosial, keberhasilan dakwah Ustad Rofikin mampu memperbaiki psinsip masyarakat dalam mencari penghasilan. Warga yang beralih profesi sebagai pedagang, buka warung dan tukang ojek di B29 semakin sadar pentingnya mencari nafkah dengan jujur dan membelanjakan penghasilannya untuk kepentingan dan kebutuhan yang rasional sesuai ajaran Islam. Masyarakat bahkan secara rutin menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk kepentingan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:01
Last Modified: 17 Mar 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item