Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MTs Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Hermanto, Mr. (2015) Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MTs Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Hermanto_084 083 344.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepala Madrasah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan, memiliki kesiapan dan kemampuan untuk membangkitkan semangat kerja secara kelompok atau individu. Jika kompetensi guru rendah, maka siswanya kelak akan menjadi generasi yang bermutu rendah. Jangankan mampu bersaing, mencari pekerjaan pun sulit, sehingga bukan tidak mungkin kelak mereka akan menjadi beban sosial bagi masyarakat dan negeri ini. Fokus penelitian ini yaitu: bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru di MTs Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Sub fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi paedagogik guru? (2) Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru? (3) Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru? (4) Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi sosial guru? Tujuan umum penelitian ini yaitu: mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru di MTs Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan khusus penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi paedagogik guru; (2) mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru; (3) mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru; (4) mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi sosial guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Serta keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Peran Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi paedagogik guru antara lain: melakukan supervisi pada saat guru melakukan pembelajaran, mendukung ide-ide yang dimiliki guru khususnya terkait dengan pembelajaran, mengadakan penilaian terhadap tugas dan administrasi guru; (2) Peran Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru antara lain: mengikutkan guru dalam penataran atau pelatihan, mengadakan rapat bersama, mengawasi tugas guru, serta menekankan kedisiplinan; (3) Peran Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru antara lain: mengikutkan pengajian-pengajian, diskusi-diskusi, serta menyediakan buku-buku pengembangan kepribadian; (4) Peran Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi sosial guru antara lain: mewajibkan semua guru untuk bekerjasama antar guru, guru dengan orang tua, dan guru dengan siswa. Selain itu, melibatkan guru dalam setiap kegiatan kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:55
Last Modified: 17 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20545

Actions (login required)

View Item View Item