Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 di SMP I an-Nur

Ibrohim, Mr,. (2015) Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 di SMP I an-Nur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Ibrohim_084 104 011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 ini mengarah pada 2 (dua) permasalahan, pertama faktor guru dan kedua terkait pengadaan buku ajar/ buku pegangan guru dan sarana pra sarana pendidikan lainnya. Faktor guru terkait bagaimana kesiapan guru dalam mengimplementasikan, meliputi cara mengajar, metode, sistem penilaian dan lain-lain. Faktor guru ini berkaitan dengan kompetensi pedagogik yang harus dimiliki setiap guru. Implementasi/ pelaksanaan kurikulum 2013 yang problematis secara nasional ini menyebabkan perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut di tingkat lokal. Seperti di SMP Islam an-Nur, salah satu SMP di kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember yang berdiri sejak tahun 2009. Fokus penelitian ini, bagaimana Perencanaan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013, Bagaimana Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik guru PAI SMP I an-Nur terhadap konsep kurikulum 2013, dan Bagaimana Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP an-Nur. Penelitian ini bertujuan, untuk mendeskripsikan Perencanaan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013, untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan guru PAI SMPI an-Nur terhadap konsep kurikulum 2013, untuk mendeskripsikan Evaluasi implementasi kurikulum 2013 terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP an-Nur. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini adalah SMP Islam an-Nur desa Rambigundam kecamatan Rambipuji kabupaten Jember dengan subyek penelitian Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan guru PAI SMP I an-Nur. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yakni, wawancara semistruktur (semistructure interview), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Bagian terakhir dalam menguji kredibilitas data peneliti memilih keabsahan data teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini, Pertama, SMP I an-Nur telah mempersiapkan beberapa kebijakan berupa planning guna menunjang kompetensi pedagogik guru PAI dalam mendukung kurikulum 2013, seperti mengikuti workshop kurikulum 2013, rapat rutin guru, dan pertemuan dengan orang tua/ wali murid. Kedua, Pelaksanaan kompetensi pedagogik guru PAI SMP I an-Nur terhadap kurikulum 2013 belum begitu optimal, terutama dari aspek pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi penilaian dan hasil belajar. Ketiga, Evaluasi kompetensi pedagogik guru PAI terhadap implementasi kurikulum 2013 di SMP an-Nur dilaksanakan setiap 2 minggu sekali. Selama kegiatan evaluasi tersebut, mayoritas guru-guru PAI masih tidak memahami secara utuh maksud dan tujuan kurikulum 2013, seperti bagaimana memahami karakteristik peserta didik, mengembangkan kurikulum dan evaluasi/ penilaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:53
Last Modified: 17 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20556

Actions (login required)

View Item View Item