Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019

Jamaluddin, Mr. (2019) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. JAMALUDDIN_0849116012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Kepemimpinan, Pengembangan , Sumber Daya Manusia Kualitas sumber daya manusia adalah kunci utama dalam pembangunan sebuah bangsa. Kepala madrasah dituntut mampu mengembangkan sumber daya manusia di madrasahnya. Kepala madrasah dengan kelebihannya harus mampu menganalisis kebutuhan bawahannya demi untuk perbaikan atau pengembangan sumber daya manusia di madrasahnya, melalui kepala madrasah melakukakan peningkatan kinerja guru dan menilai kesuksesan atas peningkatan kinerja guru di madrasahnya. Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Kepala Madrasah Menganalisis Kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bondowoso, 2) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bondowoso ?, 3) Bagaimana Kepala Madrasah Menilai Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bondowoso ?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kepala madrasah menganalisis kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso., 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman dan Saldana yaitu : kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Kondensasi data merujuk pada proses pemilihan (selecting), pengerucutan (focusing), penyederhanaan (simplifiying), peringkasan (abstracting), dan transformasi data (transforming).Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni credibility (Uji Kredibilitas) menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kepala madarsah menganalisis kebutuhan guru dengan : a) Analisis Jabatan dan b) Analisis Beban Kerja, , 2) Kepala madrasah menilai kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan a) Penilaian kinerja berbasis supervisi akademik, b) Penilaian Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. 3) Kepala madrasah melakukakan peningkatan kinerja guru dengan : a) Pembinaan Kedisiplinan Guru dan b) Pembinaan Kemampuan Professional Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:53
Last Modified: 17 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item