Strategi Dakwah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Dalam Menanggulangi Paham Radikal Di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso.

Masridwan, Mr. (2019) Strategi Dakwah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Dalam Menanggulangi Paham Radikal Di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Masridwan_D20154006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Radikalisme merupakan aliran atau paham yang hendak mewujudkan konsep syariat dalam kehidupan sehari-hari dengan berorientasi pada penegakan dan pengamalan Islam yang murni, serta menghendaki perubahan drastis dengan menghalalkan segala cara yang dapat mengakibatkan pada aksi kekerasan. Salah satu startegi dakwah MWCNU Curahdami dalam menanggulangi paham radikal agar masyarakat Kecamatan Curahdami terhindar dari pengaruh paham radikal tersebut. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana cara MWCNU Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso menentukan kriteria da’i dalam menanggulangi paham radikal. 2) Bagaimana bentuk kegiatan yang dilaksanakan MWCNU Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso dalam menanggulangi paham radikal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara MWCNU Kecamatan Curahdami menentukan kriteria da’i dalam menanggulangi paham radikal. 2) Untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan yang dilaksanakan MWCNU Kecamatan Curahdami dalam menanggulangi paham radikal. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informasinya menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari ketua MWCNU Curahdami, anggota, pengurus Ranting dan peserta da’i. Analisis yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil dari penelitian ini: 1) cara MWCNU Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso menentukan kriteria da’i dalam menanggulangi paham radikal melalui beberapa cara yaitu: mempertimbangkan latar pendikan peserta da’i, menguji penguasaan ilmu dan memperhatikan akhlak peserta da’i. 2) bentuk kegiatan yang dilaksanakan MWCNU Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso dalam menanggulangi paham radikalyakni berupa seminar dan turba (turun kebawah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:53
Last Modified: 17 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20572

Actions (login required)

View Item View Item