Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Moheri, Mr. (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Moheri_084 134 020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum 2013 memiliki beberapa pendekatan dalam pembelajarannya. Salah satunya adalah pendekatan berbasis saintifik. Pendekatan Berbasis Saintifik ini menekankan pada proses keilmuan peserta didik. Didalamnya terdiri dari beberapa aspek kegiatan 5M, diantaranya yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, menalar/ mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Kurikulum 2013 menggunakan Penilaian autentik (authentic assessment). Penilaian ini merupakan pendekatan dan instrument assessment yang memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dimilikinya dalam bentuk tugas: membaca dan meringkasnya, eksperimen, mengamati, survey, projek, makalah, membuat multi media, membuat karangan, dan diskusi kelas. Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses perencanaan pengajaran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan pengajaran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana evaluasi pengajaran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses perencanaan pengajaran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan evaluasi pengajaran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus tipe studi kasus instrument tunggal. Subyek penelitian menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi (observasi partisipasif aktif), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1) Kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah melihat kalender akademik, membuat Prota, membuat Promes, membuat RPE, dan membuat RPP. Dalam pembuatan RPP guru mengkaji silabus, mengkaji buku guru, menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik. 2) Guru sudah melaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, menalar/ mengasosiasi, dan mengomunikasikan (5M). Namun, guru masih terpaku pada buku pegangan guru, sehingga jarang variasi yang muncul dalam setiap RPP nya dan dalam proses pembelajarannya guru masih sulit mengkondisikan peserta didik untuk kelas bawah. 3) Guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, menalar/ mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Guru sudah menggunakan instrumen dan rubrik penilaian. Namun, dalam pembuatan Soal Ujian, guru belum terbiasa, serta cara pandang guru dan wali murid belum sejalan terkait hasil rapor peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:54
Last Modified: 17 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20576

Actions (login required)

View Item View Item