Penerapan manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember.

Mustofa, Mr. (2015) Penerapan manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Mustofa_084 113 052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan manajemen pembelajaran merupakan salah satu yang sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran. Agar pembelajaran dapat difungsikan dengan baik, maka diperlukan penerapan manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan adanya manajemen pembelajaran, maka Madrasah akan mampu mengelola pembelajaran secara lebih terkonsep dan terarah, sehingga siswa dapat meningkatkan proses belajar dengan lebih giat lagi. Oleh karena itu, proses belajar siswa hendaknya ditanamkan oleh pendidik dan terutama bagi Madrasah untuk mengupayakan pengelolaan pembelajaran dengan semaksimal mungkin. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember; 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas penguasaan mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darussalam Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Perencanaan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh kepala Madrasah, dan sebagai guru mempersiapkan diri untuk mengamati lingkungan Madrasah agar mendapatkan informasi untuk menyesuaikan perencanaan dalam pembuatan RPE, prota, promes, silabus, dan RPP; 2) Pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan perencanaan, dan langkah dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan PAIKEM, apersepsi, dan melibatkan siswa untuk memahami materi pembelajaran mulai dari pembukaan sampai penutup; 3) Evaluasi pembelajaran melalui tes tertulis dan ujian praktik, untuk menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:54
Last Modified: 17 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item View Item