Peranan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di Cangkring 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Muzammil, Mr. (2015) Peranan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di Cangkring 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. MUZAMMIL_084116017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini dunia pendidikan terus dihadapkan pada problematika yang kompleks, salah satunya adalah kurang tersedianya guru yang memiliki kompetensi profesional, yakni mereka yang memiliki kecakapan, keterampilan dan keahlian khusus dalam profesi keguruan sehingga mampu melaksanakan tugas, peran dan fungsinya sebagai guru secara menyeluruh, padahal faktor terpenting dalam memperbaiki kondisi pendidikan adalah para guru yang sehari-harinya kerja di lapangan, sebab betapapun bagusnya sebuah kurikulum, hasilnya sangat bergantung pada apa yang dilakukan guru di dalam maupun di luar kelas. Disisi lain, siswa yang merupakan bagian tak terpisahkan dari generasi muda merupakan sumber insani pembangunan nasional yang perlu mendapat pembinaan serius dari semua pihak, yakni para orang tua, masyarakat dan -terutama- para guru. Pembinaan dimaksud harus dilakukan secara rasional, menyeluruh dan terpadu baik menyangkut aspek kognitif, afektif maupun psikomotoriknya. Secara umum penelitian ini fokus pada bagaimana peranan guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2015/2016. Dan secara khusus : (1) Bagaimana peranan guru PAI sebagai Pengajar dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana peranan guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimana peranan guru PAI sebagai pelatih dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena itu data yang diperlukan dikumpulkan melalui observasi, interview dan dokumenter, sementara analisis datanya dilakukan dengan tehnik analisis deskriptif model Miles Huberman, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi motode. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa secara umum guru PAI baik sebagai pengajar, pendidik maupun pelatih berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah, sebab guru PAI mampu membuat proses pembelajaran berlangsung bergairah sehingga siswa betah di kelas yang pada gilirannya berimplikasi positif pada peningkatan kualitas belajar siswa. Dan secara khusus; (1) Bahwa guru PAI sebagai pengajar berperan penting dalam meningkatkan kualitas siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016, sebab guru PAI piawai memilih metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi ajarnya sehingga siswa mempunyai kemampuan memahami makna materi ajar dengan baik, mampu mengingat dan mengamati materi yang sudah dipelejari sebelumnya, serta mampu melakukan penalaran di dalam menerapkannya pada situasi lain yang baru; (2) Bahwa guru PAI sebagai pendidik berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016, sebab guru PAI harus memberikan contoh perilaku yang baik karena guru akan menjadi teladan bagi peserta didiknya dan guru PAI harus mampu mengarahkan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii pembelajarannya pada pembentukan sikap, watak, kepribadian dan tingkah laku, juga diarahkan pada pembentukan penampilan dan karakterisasi, sehingga siswa memiliki kemampuan berempati, memahami perasaan orang lain, membangun persahabatan yang baik, bertanggung jawab, bermotivasi tinggi, berfikir positif, serta kemampuan mengorganisasikan sesuatu dengan baik. (3) Bahwa guru PAI sebagai pelatih berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN Cangkring 02 Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016, sebab bagi guru PAI, peningkatan kualitas belajar siswa aspek psikomotorik dilakukan dengan cara mengorientasikan proses pembelajarannya pada pengembangan keterampilan siswa dalam menggunakan ilmu dan teknologi, sehingga berdayaguna praktis dalam memecahkan masalah-masalah riil yang dihadapi untuk memenuhi kepentingankepentingan subjektif siswa sebagai sosok yang membutuhkan sesuatu untuk mempertahankan dan mengembangkan hidupnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:54
Last Modified: 17 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20580

Actions (login required)

View Item View Item