Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan MenjadiNasabah (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Jember)

Muzanni, Mr. (2016) Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan MenjadiNasabah (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Muzanni_083123024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perbankan memiliki banyak peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Semakin baik kondisi perbankan suatu negara, semakin baik pula perekonomian suatu negara tersebut. Efektivitas dan Efisiensi sistem perbankan di suatu negara akan memperlancar negara tersebut, Salah satu tantangan yang kini banyak dihadapi dan paling berat adalah banyaknya pengetahuan mahasiswa mengenai Perbankan Syariah yang masih belum ada dampak yang signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi nasabah Bank Syariah yang ada. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a. Apakah ada hubungan pengetahuan mahasiswa tentang produk Perbankan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah ?, b.Seberapa besar hubungan pengetahuan mahasiswa tentang produk Perbankan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah ? c. Seberapa besar signifikansi hubungan pengetahuan tentang produk Perbankan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah ?. Tujuan penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui apakah ada hubungan pengetahuan mahasiswa tentang produk Perbankan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan pengetahuan mahasiswa tentang produk Perbankan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah. Untuk mengetahui seberapa besar signifikansi hubungan pengetahuan mahasiswa tentang produk Perbankan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Survey. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah Korelasi Pearson Product Moment, yaitu untuk mengetahui Hubungan Variabel X terhadap Variabel Y. Dalam Korelasi Pearson Product Moment, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: adanya hubungan antara variabel X terhadaap Variabel Y, Arah hubungan dan besar signifikansinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengetahuan Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap keputusan Menjadi Nasabah mempunyai hubungan di buktikan dengan terdapat tanda bintang pada tabel hasil dari SPSS pada tabel Correlations dan hubungan tersebut berada dalam katagori cukup kuat sebesar 0,426 dengan melihat tabel Koefisien Korelasi Nilai r. Arah hubungan variabel X searah terhadap Variabel Y di tandai dengan nilai positif (+) pada Pearson Correlation. Nilai signifikansi hubungnnya sebesar 0,000 < 0.05 yang artinya tidak terdapat seignifikansi dari variabel X terhadap variabel Y. Kata Kunci : Pengetahuan Mahasiswa, Produk-produk Perbankan Syariah, Keputusan menjadi Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:54
Last Modified: 17 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20582

Actions (login required)

View Item View Item