Disparitas Fungsi Dzikir dengan Membaca al-Qur’ân dan Ketenangan Hati (Studi Kasus Mahasiswa Penghafal al-Qur’ân IAT IAIN Jember).

Njamuddin, Mr, (2017) Disparitas Fungsi Dzikir dengan Membaca al-Qur’ân dan Ketenangan Hati (Studi Kasus Mahasiswa Penghafal al-Qur’ân IAT IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. NAJMUDDIN_082 132 054.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dzikir adalah suatu kegiatan mengingat Allah dengan menghadirkan hati, lisan maupun tindakan. Salah satu bentuknya ialah membaca al-Qur’ân. Di dalam al-Qur’ân Surat al-Ra’d ayat 28 dijelaskan bahwa dengan berdzikir hati akan menjadi tenang. Karena membaca al-Qur’ân adalah termasuk dari bentuk dzikir, maka orang-orang yang menyibukkan diri dengan al-Qur’ân baik membaca atau menghafalkannya, maka akan mendapatkan ketenangan dalam hati. Namun dalam kenyataannya tidak sedikit orang yang ketika membaca al-Qur’ân hati nya masih resah dan tidak tenang disebabkan oleh beberapa masalah sedang dihadapi, seperti yang dialami oleh mahasiswa Ilmu al-Qur’ân dan Tafsir (IAT) IAIN Jember yang menghafal al-Qur’ân. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa motivasi yang mondorong mahasiswa IAT IAIN Jember dalam menghafal al-Qur’ân? 2) bagaimana sebabsebab terjadinya disparitas fungsi dzikir dengan membaca al-Qur’ân dan ketenangan hati mahasiswa IAT IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan motivasi yang mondorong mahasiswa IAT IAIN Jember dalam menghafal al-Qur’ân, 2) mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya disparitas fungsi dzikir dengan membaca al-Qur’ân dan ketenangan hati mahasiswa IAT IAIN Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi,. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, motivasi yang mendasari mahasiswa IAT IAIN Jember dalam menghafal al-Qur’ân ialah ingin mendapatkan ridla Allah, ingin berakhlak al-Qur’ân, ingin belajar ke luar Negeri dan ingin membahagiakan kedua orang tua di dunia dan akhirat (memberikan mahkota kehormatan), kedua, sebab-sebab terjadinya disparitas dzikir dengan membaca al-Qur’ân dan ketidak tenangan hati mahasiswa IAT IAIN Jember adalah masalah-masalah yang membuat hati mereka tidak tenang walaupun mereka membaca al-Qur’ân, dan perbuatan-perbuatan maksiat yang masih sering dilakukan. Masalah-masalah yang menimpa mereka ialah: masalah keluarga, masalah kekurangan finansial, masalah banyaknya tugas, dan masalah pertemanan yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:54
Last Modified: 17 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20584

Actions (login required)

View Item View Item