Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Bahan Ajar Kitab Kuning di SMP Islam An-Nur Rambigundam Rambipuji Jember

Nawawi, Mr. (2016) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Bahan Ajar Kitab Kuning di SMP Islam An-Nur Rambigundam Rambipuji Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Nawawi_0849114011.pdf

Download (74MB)

Abstract

Kata Kunci:Manajemen pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kitab Kuning Pembelajaran adalah sebuah aktifitas utama dalam pendidikan yang kompleks dan memerlukan perhatian dalam persiapan dan proses. Mengamati berbagai praktek pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru, maka akan kita temui keanekaragaman terutama pada materi Pendidikan Agama Islam di sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Nasional. Beberapa alasannya yaitu pendidikan Agama Islam diberikan kewenangan untuk dikembangkan seiring dengan berlangsungnya era otonomi sekolah, kedua potensi peserta didik, lingkungan, dan latar belakang pendidikan guru yang berbeda. Sehingga sering kita temukan sekolah umum dengan prestasi yang memukau dibidang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih mendalam tentang, Pertama, perencanaan pembelajaran kitab kuning, Kedua, Pengorganisasian pembelajaran kitab kuning , ketiga pelaksanaan pembelajaran kitab kuning, Keempat, evaluasi pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik non statistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian manajemen pembelajaran kitab kuning di SMP Islam An Nur pertama, perencanaan dilakukan pada setiap tahun ajaran baru dengan menetapkan tujuan, bahan ajar, metode, media dan sistem evaluasi. Kedua, pengorganisasian pembelajaran dilakukan antara pengajar dengan pengasuh sebagai usaha secara bertahap mengintegrasikan pendidikan agama dan pendidikan umum. Ketiga, proses pembelajaran kitab kuning dilaksanakan dengan pendekatan sesuai dengan karakter masing masing materi yang terbagi menjadi materi takhasus dan materi tambahan, hal ini ditujukan untuk mempermudah pemahaman siswa dan membuat pembelajaran agar lebih menarik sesuai dengan konteks kehidupan siswa dan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi konteks materi. Keempat, evaluasi yang dilaksanakan adalah evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Untuk evaluasi hasil pembelajaran bentuknya mengikuti evaluasi materi umum dan ditambahkan ujian baca kitab dan muhafadzoh atau hafalan sesuai kelasnya. Evaluasi proses pembelajaran dapat menjadi acuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran mengingat bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar kitab kuning dan metode yang dipergunakan tidak sepenuhnya mendapatkan perhatian dari pemegang regulasi sehingga harus diupayakan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:55
Last Modified: 17 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20585

Actions (login required)

View Item View Item