Internalisasi Nilai-Nilai Kecerdasan Spiritual Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember

Rahmatullah, Mr. (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Kecerdasan Spiritual Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Rahmatullah_084101023.pdf

Download (10MB)

Abstract

Setiap para pengajar (ustadz dan ustadzah) dalam sebuah pendidikan adalah sebagai pembina santri-santrinya menggunakan pembelajaran mengenai kecerdasan spiritual terhadap akhlak santri yang ada di dalam pondok pesantren. Cara pengajar saat membina akhlak santri-santrinya yaitu dengan memperdalam nilai-nilai kecerdasan spiritual yang berupa kejujuran, kemandirian, dan amanah dengan dikaitkan kepada akhglak santri kepada Allah, manusia dan alam sekitarnya. Karena, hasil dari apa yang diajarkan oleh para pengajar tergantung dari bagaimana cara yang memperdalam ilmu yang telah didapat oleh para santri yang berada di dalam pondok pesantren. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: a) Bagaimana internalisasi nilainilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri kepada Allah di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember? b) Bagaimana internalisasi nilainilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri kepada manusia di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember? c) Bagaimana internalisasi nilainilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri kepada alam di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: a) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri kepada Allah di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. b) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri kepada manusia di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. c) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri kepada alam di pondok pesantren Al-Azhar Kauman Muktisari Jember. Adapun metodologi penelitian skripsi ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa menginternalisasikan nilai-nilai kecerdasan spiritual dalam proses membina akhlak santri. Internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri disebut sebagai keterampilan yang semua santri tidak dapat melakukannya. Nilai-nilai kecerdasan spiritual dalam membina akhlak santri yaitu kejujuran, kemandirian, dan amanah. Dan pembinaan akhlak santri meliputi tiga sub variabel yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada Manusia, akhlak kepada Alam. Akhlak santri kepada Allah adalah manusia harus taqwa, taat, dzikir, berdo’a, ikhlas, cinta dan ridha, tawakkal, syukur dan taubat. Akhlak terhadap manusia harus melalui tingkah laku terhadap dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat yang pernah manusia itu mengadaptasi lingkungannya. Dan akhlak kepada alam yaitu harus menjaga lingkungan dan menghindari pekerjaan yang dapat merusak lingkungan, misalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:55
Last Modified: 17 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20587

Actions (login required)

View Item View Item