Pengembangan Diri Siswa di MTs Negeri 2 Jember. Program Studi Manajaemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Jember,

Santono, Mr. (2017) Pengembangan Diri Siswa di MTs Negeri 2 Jember. Program Studi Manajaemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Jember,. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. SANTONO_084 911 4038.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan Diri Siswa Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan bangsa bahkan dalam membangun peradaban manusia, sebab kita tidak bisa membayangkan bagaimana jika pendidikan tidak ada di dunia ini, maka peradaban yang saat ini sedang dijalankan dan dinikmati oleh manusia mustahil untuk ada. Kenyataan ini menandakan bahwa pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk kelangsungan kehidupan manusia yang lebih baik. Guna melanjutkan keberlangsungan kehidupan tesebut, perlu adannya semangat untuk membentuk dan mengarahkan pengembangan diri siswa ke arah yang benar. Pengembangan diri yang diselenggarakan di MTs Negeri 2 Jember dilakukan dengan bebrbagai kegiatan pembelajaran baik diluar maupun di luar jam pelajaran efektif. Dalam pembelajaran jam efektif siswa berada di dalam kelas dengan mengikuti jam yang talah di tentukan oleh pihak MTs Negeri 2 Jember. Pada jam pelajaran itu para siswa mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru yang mengajar di dalam kelas. Kemudian guru memberikan berbagai materi dan memberi beberapa soal pelajaran untuk dikerjakan oleh siswa untuk mengetahui kemampuan akademik siswa. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana pengembangan diri akademik siswa di MTs Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana pengembangan diri non akademik siswa di MTs Negeri 2 Jember? Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat study kasus yang dilakukan di MTs Negeri 2 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purpusive sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti mengguanakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode, diskusi sejawat dan member chek. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan berbagai pengembangan diri siswa di MTs Negeri 2 Jember yaitu:(1) pengembangan diri akademik siswa dengan menyusun program kerja, selanjutnya melakukan proses pengkajian diawal tahun ajaran baru untuk melihat potensi siswa dengn dengan cara melakukan tes IQ, Langkah selanjutnya melaksanakan bentuk pengembangan diri siswa di MTs Negeri 2 Jember dengan membagi menjadi dua kegiatan, yakni; Kegiatan full day dan bimbingan belajar. (2) Pengembangan diri non akademik siswa di MTs Negeri 2 Jember dengan melaksanakan analisis potensi non akademik siswa, selanjutnya Penyusunan program kerja pengembangan diri non akademik siswa, dan Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler non akademik siswa melalui olahraga, seni budaya, PMR, Pramuka, panahan, hadrah,dan tilawah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:55
Last Modified: 17 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item