Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019.

Hanip, Mr (2018) Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Hanip_ 084 911 4005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Guru Madrasah adalah pembenihan pendidikan secara formal yang memberikan proses pembelajaran untuk mengembangkan sebuah pendidikan. Kepala Madrasah adalah pemimpin madrasah yang bisa mengendalikan proses berjalannya pengajaran dan pembelajaran. Keberhasilan Madrasah dalam meraih prestasi, tentunya tidak lepas dari keterampilan manajerial kepala madrasah yang baik dalam Meningkatkan Motivasi kerja guru-gurunya sebagai ujung tombak di sebuah madrasah. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana kepala madrasah menerapkan kemampuan konseptual dalam mengembangkan motivasi kerja guru di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019, 2) Bagaimana kepala madrasah menerapkan kemampuan teknik manajerial dalam mengembangkan motivasi kerja guru di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019, 3) Bagaimana kepala madrasah menerapkan kemampuan human skill dalam mengembangkan motivasi kerja guru di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kepala madrasah menerapkan kemampuan konseptual dalam mengembangkan motivasi kerja guru di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2018- 2019, 2) Mendeskripsikan kepala madrasah menerapkan kemampuan teknik manajerial dalam mengembangkan motivasi kerja guru di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019, 3) Mendeskripsikan kepala madrasah menerapkan kemampuan human skill Dalam mengembangkan motivasi kerja guru di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2018-2019. Adapun teori yang berkaitan dengan Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah menggunakan teori dari Gary A. Yulk, T.J Sergiovani, Huges, L.W, Megginson, L.C., dan William Ouchi. Sedangkan teori Motivasi menggunakan teori Dale H. Schuk. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Dalam menetukan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Kemampuan konseptual Kepala Madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu; (a) penyusunan program madrasah, (b) pendayagunaan SDM secara optimal, (c) evaluasi kegiatan madrasah. 2) Kemampuan teknik manajerial Kepala Madrasah dalam mengembangkan motivasi kerja guru yaitu; (a) kerjasama dengan masyarakat (stakeholders), (b) pembentukan wakil kepala madrasah dan unit-unit kerja, (c) membentuk team work (kerja tim) madrasah. 3) Kemampuan human skill Kepala Madrasah dalam meningkatkan motivasi guru yaitu; (a) pengaturan lingkungan dan kondisi kerja yang kondusif, (b) memahami karakter dan perilaku guru dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan madrasah, (c) pemerataan tugas dan tanggung jawab (power sharing).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:55
Last Modified: 17 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20595

Actions (login required)

View Item View Item