Implementasi Manajeman Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Saptono, Mr. (2018) Implementasi Manajeman Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. SAPTONO_084 911 4013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Manajeman Tenaga Pendidik, Profesionalisme Guru Guru merupakan komponen organik yang sangat menentukan dalam dunia pendidikan. Apapun yang telah dilakukan oleh Pemerintah, namun yang pasti adalah peningkatan kualitas pembelajaran tidak mungkin ada tanpa kualitas Profesionalime guru. Guru merupakan unsur pendidikan yang sangat dekat hubungannya dengan anak didik dalam upaya pendidikan sehari-hari di sekolah dan banyak menentukan keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan”. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN 1 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan profsionalisme guru di MAN 1 Jember? (3) Apa saja kendala dalam pelaksanaan manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan profsionalisme guru di MAN 1 Jember?. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang bersifat penelitian lapangan yang dilakukan di MAN 1 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti mengguanakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode. Peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan berbagai Implementasi Manajeman Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember yaitu: (1) Perencanaan Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MAN 1 Jember: Pertama, Analisis Kebutuhan guru, Kedua, Pembentukan tim penguji. (2) Pelaksanaan Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MAN 1 Jember dilakukan dengan cara: Pertama, Rekrutmen dengan penyebaran informasi. Kedua, Seleksi dilakukan dengan tes (tes lisan, wawancara dan potensi akademik), Ketiga, Melakukan orientasi atau pengenalan dilakukan dengan pendadaran atau pengabdian di asrama, Keempat, melakukan pelatihan dilakukan oleh guru senior. Kelima, melakukan penilaian kinerja. Keenam, kompensasi berbentuk kompensasi tunggal. Ketujuh, pemutusan hubungan kerja dengan mutasi. (3) Kendala Dalam Pelaksanaan Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MAN 1 Jember yaitu: Pertama, Kesulitan mencari guru yang berkualitas, Kedua, Kebutuhan guru disesuaikan dengan anggaran belanja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:55
Last Modified: 17 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20597

Actions (login required)

View Item View Item