Jual Beli “Sapi Lumpur” di Pasar Sapi Kelayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember dalam Perspektif Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Prihatin, Afifa (2018) Jual Beli “Sapi Lumpur” di Pasar Sapi Kelayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember dalam Perspektif Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afifa Prihatin_083132033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kasus yang ada dalam masyarakat Desa Kelayu (Pasar Sapi) Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yaitu transaksi jual beli sapi yang diberi makan lumpur, agar sapi yang diberi makan lumpur tersebut menjadi gemuk dan laku lebih cepat dari sapi yang lain. Sapi yang asalnya kurus jika di beri makan lumpur, maka sapi tersebut akan menjadi gemuk dan cepat laku dipasaran. Fenomena ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini difokuskan pada : 1. Bagaimana Praktik Jual Beli “Sapi Lumpur” di Pasar Sapi Kelayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang Jual Beli “Sapi Lumpur”. 3. Apakah perlindungan konsumen dalam jual beli “sapi lumpur” di pasar sapi Kelayu sesuai dengan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen? Tujuan penelitiannya adalah: 1. Untuk mengetahui praktik jual beli “sapi lumpur” di pasar sapi Kelayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. 2. Untuk mengetahui pandangan Hukum Islam terhadap perlindungan hukum jual beli “sapi lumpur” di Pasar Sapi Kelayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. 3. Untuk mengetahui apakah perlindungan konsumen dalam jual beli “sapi lumpur” di pasar sapi Kelayu sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui penelitian lapangan (field research) untuk menganalisis Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli “sapi lumpur” yang ada di Pasar Sapi Kelayu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Peraktik jual beli “sapi lumpur” yaitu sapi yang kurus diberi makan lumpur oleh penjual agar menjadi gemuk dan kemungkinan hidup hanya sebentar bagi sapi yang diberi makan lumpur tersebut. 2. Akad yang digunakan dalam jual beli tersebut ada unsur gharar atau ketidak jelasan dalam jual belinya karena tidak sesuai dengan syarat sahnya jual beli dan perbuatan tersebut termasuk jual beli yang dilarang dalam hukum islam. 3. Dalam UU No. 8 Tahun 1999 jual beli “sapi lumpur” itu tidak dibolehkan karna merugikan konsumen dan pelaku usaha tidak melakukan hak dan kewajibannya sebagaimana yang tertuang dalam pasal 4 ayat 1, dan 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:56
Last Modified: 17 Mar 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20608

Actions (login required)

View Item View Item