Analisis Sistem Pemberian Kredit Kupedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso.

Sutib, Mr. (2018) Analisis Sistem Pemberian Kredit Kupedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Sutib_083 133 205.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank pemerintah yang telah berubah statusnya menjadi PT (Persero), masih berperan secara aktif dan pembangunan nasional dengan menyediakan pelayanan dalam jasa perbankan bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satu pelayanan perbankan yang diberikan oleh BRI adalah dibidang perkreditan dengan sasaran utama pengusaha kecil dan menengah ke atas. Salah satu kredit yang ada di BRI yaitu berupa kredit Kupedes yang merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh BRI Unit untuk mengembangkan atau meningkatkan usaha kecil yang layak. Mengingat persaingan yang terjadi diantara bank-bank yang ada maka di dalam pelayanan pemberian kredit ini BRI menetapkan suatu sistem pemberian kredit yang bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan peminjaman. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti sangat tertarik untuk mengadakan penelitian tentang analisis sistem pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso, sehingga peneliti merumuskan: 1) Bagaimana kebijakan pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso?. 2) Bagaimana prosedur pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia?. Tujuan yang ingin dicapai 1) Untuk mengetahui kebijakan pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso. 2) Untuk mengetahui prosedur pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, metode analisis data dengan menggunakan analisa deskriptif, penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) kebijakan pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso adalah dengan menggunakan prinsip dasar pemberian kupedes yaitu umum, individual, selektif, bisnis. Serta pemberian kupedes didasarkan perhitungan dan pertimbangan bisnis yang sehat untuk dapat menjamin operasional dan pertumbuhan BRI Unit secara berkelanjutan. 2) prosedur pemberian kredit kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapen Bondowoso meliputi permohonan kredit kupedes, tahap ananlisis/tahap pemeriksa kredit, persetujuan/keputusan kredit, perjanjian kredit. Kata kunci: Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kredit Kupedes, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:56
Last Modified: 17 Mar 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20609

Actions (login required)

View Item View Item