Konsep Mimpi Dalam Al-Qur’an Dan Psikologi Modern

Taufik, Mr. (2019) Konsep Mimpi Dalam Al-Qur’an Dan Psikologi Modern. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. TAUFIK_082 122 028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat membuat kajian tematik tentang suatu tema dalam al-quran menjadi marak. Dalam kajian ini penulis mencoba mengkaji sekaligus mempelajari tema mimpi dalam al-quran sekaligus mencoba untuk mengkorelasikan pembahasan serupa (mimpi) dalam dunia psikologi modern. Kajian atau penelitian ini memuat istilah atau terma-terma yang berkaitan dengan mimpi dalam al-Quran, ayat tentang mimpi, beberapa hadits yang menerangkan mimpi dan pendapat ulama tentang klasifikasi mimpi dalam alQuran. Begitupula dalam kajian psikologi kajian ini memuat definisi mimpi, dan klasifikasinya. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut, pertama, Konsep Mimpi dalam al-Quran senantiasa menjadi topik perhatian yang serius bagi yang melihat dan merasakannya. Kalau dipehatikan dalam al-quran, tentu akan ditemukan bahwa Allah telah mengisahkannya di dalalm al-Quran dengan berbagai hal tentang mimpi, seakan-akan Allah swt mengiringi umat manusia untuk mencurahkan perhatiannya terhadap mimpi. Mimpi pada dasarnya terbagi menjadi tiga bagian mimpi yaitu Ahlam (أحالم ,(Adghos (أضغاث , (dan Ru’yah (رؤية .( Berdasarkan hadits nabi dari Abi qatadah, para ulama membagi mimpi menjadi 3 jenis macam mimpi yaitu Ar-Ru’yah al-Nafsiah, Al-Ru’yah as-Syaitan, dan ArRu’yah Sholihah. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii Kedua, Menurut Sigmud Freud mimpi dari segi psikologi terbagi menjadi 4 yaitu: Mimpi Sebagai Sebuah Tanda, Mimpi yang berupa bahasa, Mimpi Berhubungan dengan Fantasi, dan Mimpi yang berhubungan dengan Halusinasi. Ketiga Korelasi Konsep Mimpi dalam al-Quran dan Psikologi. Mimpi dalam konsep psikologi tidak mengenal konsep mimpi yang bersifat mistis, seperti konsep mimpi kenabian dalam alquran yang merupakan illham, wahyu atau proyeksi masa depan. Konsep mimpi psikologi dan konsep mimpi dalam alQuran mempunyai persamaan pada kategori mimpi (ru’yah nafsiah). Begitu juga dengan mimpi (ru’yah syaitan) dengan mimpi yang didorog oleh keinginan negatif. Pada bagian akhir peneliti mengkomparasikan atau mengkorelasikan konsep mimpi dari sudut pandang al-quran dan psikologi modern. Kemudian diakahiri dengan punutup yang memuat kesimpulan dan saran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:56
Last Modified: 17 Mar 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

View Item View Item