Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 07 Sempu Kabupaten Tahun Pelajaran 2014/2015.

Tauhid, Mr. (2015) Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 07 Sempu Kabupaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Tauhid_084 106 047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia, ilmu pengetahuan dan teknologi memegang peranan penting dalam pembangunan, hal ini berdampak pula pada pendidikan. Sesungguhnya pendidikan merupakan masalah penting yang aktual sepanjang Zaman. Perkembangan pendidikan didukung oleh tiga lingkungan pendidikan yang sangat berperan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Peran orang tua dalam keluarga sebagai motivator masih di pengaruhi oleh faktor lain diantaranya: situasi keluarga, tingkat pendidikan orang tua, keadaan ekonomi. Situasi keluarga yang harmonis akan menciptakan situasi yang kondusif dalam pembelajaran di dalam lingkungan keluarga. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah adakah hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 07 Sempu Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 07 Sempu Kabupaten Banyuwangi. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah rumus Slovin yang kemudian dilanjutkan dengan teknik stratifeid Proportional random sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan dokumentasi (Nilai Raport). Untuk menganalisis data peneliti menggunakan statistik Chi Kuadrat, dengan rumus: χ 2 = ∑ Kemudian untuk mencari frekuensi harapan (Fh), maka digunakan rumus : Fh= fo × fh N Untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dan dinilai berapa harga kritiknya (χ2 ) pada tabel maka derajat kebebasan (db) dengan rumus : d.b = (k-1) (b-1) Guna menguji hipotesis dapat diterima atau ditolak, maka ditentukan halhal sebagai berikut (1). Jika hasil χ2 empiris lebih besar dari harga kritik χ2, maka hasilnya signifikan yang artinya hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. (2). Jika hasil χ2 empiris lebih kecil dari harga kritik χ2, maka PRESTASInya non signifikan yang artinya hipotesis kerja (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima. Setelah dianalisa dapat diketahui bahwa hasil perhitungan nilai adalah 3,16. Berdasarkan db = 2, maka harga untuk taraf signifikan 5% adalah 5,991. Jadi χ 2 hitungnya lebih kecil dari χ 2 tabel. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak. Dengan demikian, “Tidak ada Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 07 Sempu Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:56
Last Modified: 17 Mar 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item View Item