Komunikasi dan Kerukunan Umat Beragama (Studi Pola Komunikasi Masyarakat Muslim dan Hindu dalam Membangun Kerukunan Hidup antar Umat Beragama di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali).

Wisri, Mr. (2019) Komunikasi dan Kerukunan Umat Beragama (Studi Pola Komunikasi Masyarakat Muslim dan Hindu dalam Membangun Kerukunan Hidup antar Umat Beragama di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Wisri_0829115005.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Kerukunan Selama bertahun-tahun, masyarakat Desa Pemuteran Gerokgak hidup harmonis dan rukun, berdampingan, saling toleran dan bahkan saling bekerja sama antar penganut agama yang juga berbeda budaya tersebut dalam urusan sosial. Kehidupan seperti ini adalah salah satu potret bahwa bangsa Indonesia benar-benar bangsa yang sopan dan memiliki tenggang rasa yang sangat kuat. Realitas tersebut di atas merupakan keunikan tersendiri karena fenomena keberagamaan di Indonesia selama ini rentan dengan konflik antar umat beragama. Oleh karena itu, kehidupan sosial keagamaan yang harmonis sebagaimana yang terjadi pada masyarakat Muslim dan Hindu di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali tersebut menjadi fenomena penting dan menarik untuk diteliti. Mengingat begitu luasnya cakupan penelitian ini, maka peneliti memfokuskan pada; Bagaimana pola komunikasi masyarakat Muslim dan Hindu dalam membangun kerukunan hidup antar umat beragama di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat komunikasi masyarakat Muslim dan Hindu dalam membangun kerukunan hidup antar umat beragama di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali? Metode penlitian yang digunaka dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pemaparan secara deskriptif, sehingga data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan pengamatan didepenelitiankan apa adanya, kemudian di analisa melalui komparasi kajian teoritis. Hasil dari Penelitian ini adalah : Pola komunikasi Masyarakat Muslim dan Hindu dalam membangun kerukunan antar umat beragama di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali yaitu menggunakan pola komunikasi komunikasi antarpribadi (Interpersonal Communication), komunikasi kelompok (group communication), komunikasi organisasional/ institusional (Organizattional/ Institutional communication) dan komunikasi budaya (cultural communication). Pola komunikasi itu telihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Muslim dan Hindu di Desa Pemutran. Dalam kesehariannya mereka berkomunikasi baik anatarpribadi, kelompok, organisasi dan budaya. Dengan pola komunikasi tersebut maka masyarakat Muslim dan Hindu bisa membangun kerukunan hidup antar umat beragama. Faktor pendukung dan penghambat pada Pola Komunikasi Masyarakat Muslim dan Hindu dalam membangun kerukunan antar umat beragama di Desa Pemuteran yaitu: Faktor Pendukung Adanya sikap saling menghormati antar tokoh. Masyarakat muslim dan hindu sudah saling menerima dari sejak dahulu. Adanya budaya gotong royong. Faktor penghambat 1. Perbedaan karakter masing-masing individu. 2. Adanya pendatang baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item View Item