Manajemen Kesiswaan dalam Menanggulangi Degradasi Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember.

Soleh, Badrus (2018) Manajemen Kesiswaan dalam Menanggulangi Degradasi Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badrus Soleh_0849116021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial Manajemen kesiswaan memiliki peranan penting karena bertujuan untuk mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran di sekolah. Lebih lanjut, proses pembelajaran dapat berjalan lancar, tertib dan teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Manajemen kesiswaan yang dimaksud adalah program-program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh kesiswaan untuk meningkatkan kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik, sehingga tumbuh menjadi insan yang cerdas, terampil, beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Penelitian ini difokuskan pada: (1) Bagaimana penerimaan peserta didik dalam menanggulangi degradasi kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di MTs Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pembinaan disiplin peserta didik dalam menanggulangi degradasi kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di MTs Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana layanan pendukung dalam menanggulangi degradasi kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di MTs Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Tekhnik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi berperanserta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles and Huberman. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerimaan peserta didik dalam menanggulangi degradasi kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di MTs Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan seleksi berupa tes, penandatanganan surat pernyataan peserta didik dan orang tua atau walinya, serta sosialisasi tata tertib madrasah dan pembiasaan 6S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Sanjung) pada waktu Masa Orientasi Siswa (MOS). (2) Pembinaan disiplin peserta didik dalam menanggulangi degradasi kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di MTs Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan teknik External control, yaitu pemberian reward (penobatan sebagai siswa teladan serta pemberian beasiswa berprestasi) dan punishment yang bertahap. (3) Layanan pendukung dalam menanggulangi degradasi kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di MTs Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 antara lain layanan Bimbingan dan Konseling, asrama, poskestren, koperasi, ali kelas, dan guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20617

Actions (login required)

View Item View Item