Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso.

Zainuddin, Mr. (2015) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Zainuddin_084091232.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada prinsipnya di dalam dunia pendidikan, dalam proses belajar mengajar seharusnya seorang guru tidak hanya mementingkan IQ pada siswa tetapi juga memperhatikan, menumbuhkan serta meningkatkan kecerdasan (SQ) Kecerdasan spiritual siswa, sehingga bisa mencetak lulusan-lulusan yang selain berintelektual tinggi, juga beretika moral dan memiliki kecerdasan spiritual yang luhur Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. 1.Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. 2.Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam hal Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso Tujuan penelitiannya adalah 1) Mendeskripsikan peran guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di MTs. AnNur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai Pengajar dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. 3) Mendeskripsikan peran guru sebagai Pendidik dalam hal Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pelajaran Akhlaq di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan bahwa kondisi riil pendidikan akhlak di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatn Pujer Kabupaten Bondowoso. Sedangkan analisis kualitatif digunakan pada saat meneliti pelaksanaan pendidikan akhlak anak tingkat menengah pertama di MTs. An-Nur Dusun Taman Desa Mengok Kecamatn Pujer Kabupaten Bondowoso. Sebagai hasil penelitian ini pendidikan akhlak anak usia tingkat menengah pertama sangat penting dan pelaksanaannya bukanlah suatu hal yang mudah, karena dalam meningkatkan dan membina anak harus dengan pendekatanpendekatan khusus. Apalagi dalam suatu sekolah yang mempunyai anak didik yang tidak sedikit yang berasal dari keluarga dan orang tua yang tentunya berbeda. Dari situlah maka seorang guru dituntut untuk mampu mengarahkan serta mendidik anak agar memiliki akhlak atau budi pekerti yang luhur. Selain itu guru juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membina anak didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20619

Actions (login required)

View Item View Item