Kepemimpinan Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al Quran Surat An Nahl Ayat 90

Zainuddin, Mr. (2019) Kepemimpinan Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al Quran Surat An Nahl Ayat 90. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. ZAINUDDIN_0849113086.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan, Adil dan Ihsan. Pemimpin merupakan individu yang dapat mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan perintah yang menjadi tujuan atau keinginan sang pemimpin.. pemimpin juga dapat diartikan sebagai individu yang memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dalam organisasi. Sedangkan kepemimpinan merupakan kata sifat dari kata pemimpin. Pemimpin yang adil merupakan pemimpin yang mendasari diri dengan iman. Sedangkan Ihsan merupakan ekpresi diri dalam amal saleh tingkat tertinggi dari seseorang. Penelitian berisi berisi dua rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana pemimpin yang adil dalam manajemen pendidikan Islam perspektif Al Quran Surat An Nahl ayat 90? 2. Bagaimana pemimpin ihsan dalam manajemen pendidikan Islam perspektif Al Quran Surat An Nahl ayat 90? Sedangkan tujuan penelitian diantaranya: 1. Untuk mendeskripsikan pemimpin yang adil manajemen pendidikan Islam perspektif Al Quran Surat An Nahl ayat 90. 2. Untuk mendeskripsikan pemimpin ihsan dalam manajemen pendidikan Islam perspektif Al Quran Surat An Nahl ayat 90. Metodologi dalam penelitian sebagai berikut: 1. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan dalam mengkaji dan meneliti penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karena mencoba untuk memahami fenomena kepemimpinan yang adil dan Ihsan dalam Surat An Nah Ayat 90. 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Karena penelitian ini akan mengkaji buku-buku atau pustaka-pustaka. Buku yang berkaitan dengan pentingnya implementasi nilai-nilai Al Quran dalam kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam khususnya Surat An Nahl Ayat 90. Penelitian ini mengahasilkan teori kepemimpinan, diantaranya: 1. Pemimpin yang adil adalah pemimpin yang mendasari dirinya dengan keimanan. Pemimpin yang adil juga dapat dapat disebut dengan gaya kepemimpinan karena seorang pemimpin yang adil akan bersikap demokratis terhadap bawahannya. 2. Adapun pemimpin merupakan ekspresi pemimpin dalam beramal dalam kepemimpinannya. Kepemimpinan itu berbentuk sikap mujahadah, muraqabah. Muhasabah, muasyarah, muaqobah, dan istiqomah. Komponen-komponen tersebut sangatlah relevan dalam mencerminkan nilai-nilai keadilan dan Ihsan. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa sikap adil dan Ihsan merupakan ekpresi seseorang pemimpin dalam memegang teguh kebenaran dan membangun Human Relation atau Ukhuwah Islamiyah yang baik dalam organisasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20621

Actions (login required)

View Item View Item