Penerapan Metode Pembiasaan dan Keteladanan Untuk Menanamkan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Tahun Pelajaran 2015/2016

Zainuri, Mr, (2016) Penerapan Metode Pembiasaan dan Keteladanan Untuk Menanamkan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. ZAINURI_084111018.pdf

Download (31MB)

Abstract

Pendidikan karakter sudah tercermin dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1. Penanaman karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang siswa akan menjadi cerdas emosinya. Bekal penting dalam mempersiapkan seorang siswa dalam menyongsong masa depan. Peneliti mengkaji lebih lanjut mengenai penerapan metode pembiasaan dan keteladanan untuk menanamkan karakter siswa. Terutama pada anak usia remaja agar cenderung bersikap menggunakan karakter. Termasuk dalam 18 karakter yang harus dimiliki oleh siswa, dan itu adalah tugas guru dalam menanamkan karakter Siswa. Metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang diutamakan. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso menjadikan metode pembiasaan dan keteladanan sebagai penerapan untuk menanamkan karakter siswa. Dengan adanya penananman karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang siswa akan menjadi lebih baik dalam belajarnya. Fokus penelitianya adalah: (1) Bagaimana Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana Penerpan Metode Keteladanan Untuk Menanamkan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem tahun pelajaran 2015/2016, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode keteladanan untuk menanamkan karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau tenik, serta analisis datanya adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) penerapan Metode Pembiasaan untuk menanamkan karakter siswa: (a) Guru membiasakan siswa untuk mengadakan kegiatan rutin yang tercantum dalam program sekolah seperti jum’at amal, jum’at bersih dan mengaji Al-Qur’an setiap pagi. (b) guru selalu memberikan motivasi kepada siswa. (2) Penerapan Metode keteladanan untuk menanamkan karakter siswa: Guru yang ada di SMPN 2 Pakem Menerapkan keteladanan kepada siswanya seperti: turut serta dalam kegiatan siswa seperti jum’at amal, jum’at bersih, menjenguk siswa yang sakit, guru selalu semangat memberi contoh teladan kepada siswa dalam kesehariannya di dalam lingkungan sekolah agar seluruh siswa mencontoh teladan yang di peragakan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20623

Actions (login required)

View Item View Item