Kontribusi Pelaksanaan Program SPKP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) Dalam Program PNPM-MP Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perspektif Hukum Ekonomi Islam di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.

Laili, Diah Putri Ayu Musrifatul (2017) Kontribusi Pelaksanaan Program SPKP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) Dalam Program PNPM-MP Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perspektif Hukum Ekonomi Islam di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diah Putri Ayu Musrifatul Laili_083 132 028.pdf

Download (30MB)

Abstract

Program Nasional Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) adalah program yang dibentuk oleh pemerintah dengan tujuan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan kegiatan pinjaman bergulir atau SPP (simpan pinjam kelompok perempuan). Oleh sebab itu apakah program tersebut mampu berjalan sesuai dengan konsep, keinginan serta tujuannya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan program SPP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbusari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? 2). Apakah konstribusi program SPP (simpan pinjam kelompok perempuan) terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? 3). Bagaimana pandangan hukum ekonomi Islam terhadap program SPP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pelaksaan program SPKP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 2). Untuk mengetahui bagaimana konstribusi program SPKP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 3). Untuk mengetahui pandangan hukum ekonomi Islam terhadap program SPKP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dilakukan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata dan bahasa pada suatu konteks khusus dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Analisis deskriptif kualitatif artinya suatu metode yang digunakan terhadap suatu data yang telah dikumpulkan kemudian disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis dengan argumentasi logika yang digambarkan dengan kata atau kalimat. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program SPKP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari kurang transparan dan akuntabel. Konstribusi program SPKP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari ini sangat membantu pendapatan perekonomian masyarakat. Pandangan hukum ekonomi Islam terhadap program SPKP (simpan pinjam kelompok perempuan) di Desa Umbulsari mengandung bunga 1,5% perbulan, dalam Islam kita sangat dianjurkan untuk bersifat amanah dan tolong-menolong walaupun pada praktiknya SPKP menggunakan bunga, namun bagi masyarakat yang menjadi nasabah mereka tidak diberatkan dalam pengembalian dana yang dipinjamkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20629

Actions (login required)

View Item View Item