Tinjauan Hukum Islam Dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Handphone Rekondisi (Studi Kasus Di Konter Lutvi Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember).

Arifah, Diska Umi (2017) Tinjauan Hukum Islam Dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Handphone Rekondisi (Studi Kasus Di Konter Lutvi Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diska Umi Arifah_083 132 051.pdf

Download (30MB)

Abstract

Diantara banyak cara dan bentuk jual beli terdapat dalam masyarakat salah satunya adalah jual beli handphone rekondisi yang terdapat di Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Produk yang menjadi objek jual beli yaitu handphone bekas yang sebenarnya sudah tidak dapat digunakan lagi, namun tidak semua barang benar-benar tidak dapat digunakan lagi. Sehingga sebagian besar masyarakat masih memanfaatkan barang tersebutBarang rekondisi jika dilihat dari dekat, maka terdapat hal yang menarik untuk dikaji. Sebagian contoh misalnya kualitas barang yang diperjualbelikan namun penjual terkadang mendapatkan handphone/mesin handphone yang cukup baik dari pada yang tidak. Fokus masalah dalam penelian ini adalah: 1) bagaimana praktik jual beli handphone rekondisi di Konter Lutvi Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul 2) Bagaimana tinjaun hukum islam terhadap jual beli handphone rekondisi di Konter Lutvi Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul 3) Bagaimana tinjauan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlidungan konsumen terhadap jaul beli handphone rekondisi di Konter Lutvi Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pemahaman ketaatan hukum masyarakat pada umumnya tentang bagaimana keadaan kondisi yang sebenarnya guna perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan di Desa pada kasus jual beli handphone rekondisi di konter Lutvi Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember berikut kendala dan solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi dan telah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triagulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam praktik jual beli handphone rekondisi, masyarakat Desa Tanggul Dusun Curah Bamban, membeli handphone rekondisi dengan alasan barangnya murah dan kualitasnya bagus, ada proses tawar menawar dan ada Akad 2) Dalam praktik jual beli handphone rekondisi yang terjadi di Desa tanggul Wetan Dusun Curah Bamban menurut hukum Islam adalah jual beli yang diperbolehkan jika pihak pembeli secara tidak langsung mengetahui bahwa barang yang diperjualbelikan adalah handphone rekondisi. Jual beli yang tidak diperbolehkan jika pembeli memang sama sekali tidak mengerti tentang kondisi barang yang dibelinya pembeli sehingga bisa melanjutkan jual belinya atau membatalkannya. 3) Dilihat dari segi Undang-Undang Nomor 8 athun 1999 Perlindungan konsumen terdapat wanprestasi kualitas barang yang dilakukan oleh pemilik konter lutvi di Desa Tanggul Wetan Dusun Curah Bamban

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20633

Actions (login required)

View Item View Item