fektifitas Guru Pai Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) Siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Astina, Ms. (2015) fektifitas Guru Pai Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) Siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Astina_084 116 008.pdf

Download (855kB)

Abstract

Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT. dan memeluk Agama Islam seharusnyalah dapat mengetahui isi Kitab Al Quran dengan cara mempelajari/membaca kitab tersebut, karena membaca Al Quran merupakan perintah Allah SWT. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul? (2) Seberapa efektifkah Guru PAI dalam pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul? (3) Bagaimana hasil pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul. (2) mendeskripsikan efektifitas Guru PAI dalam pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul. (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) Siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul benar-benar diaplikasikan dengan benar oleh guru PAI yang ada di sekolah tersebut, sehingga pembelajaran berjalan sesuai rencana atau RPP dengan baik dan benar. 2) efektif Guru PAI dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) Siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul dapat dilihat dengan baik bahwa guru PAI yang melaksanakan pembelajaran membaca huruf hijaiyah atau membaca dan menulis Al Quran di sekolah tersebut tidak ada hambatan dan kendala apapun, anak-anak peserta didik malah menyenangi belajar Al Quran. 3) Hasil Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) Siswa SDN Tanggul Wetan 05 Tanggul mulai membaca huruf hijaiyah atau mengaji Al Quran dan menulisnya dengan baik dan benar, setelah guru PAI membuat pembelajaran BTA lebih menarik dan menyenangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:23
Last Modified: 20 Mar 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20634

Actions (login required)

View Item View Item