Implementasi Pendidikan amar ma’ruf nahi munkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Erlistiyani, Mr. (2016) Implementasi Pendidikan amar ma’ruf nahi munkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. ERLISTIYANI_084 121 310.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Amar Ma’ruf Nahi Munkar adalah salah satu pendidikan yang berdiri untuk memperbaiki akhlak manusia khususnya serta mengembangkan sikap dan kepribadian generasi muda untuk hidup di tengah-tengah masyarakat dan memberikan pengertian tentang ilmu keagamaan. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Bagaimana evaluasi amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa GugutKecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Mendeskripsikan evaluasi pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuj Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumenter. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi metode. Berdasarkan penelitian hasil dapat disimpulkan bahwa perencanaan pendidikan amar ma’ruf nahi mungkar melalui media radio Diana di Pondok Pesantren Salafiyah Mamba’ul ulum Desa Gugut Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu, Dalam setiap melakukan siaran tidak ada rapat hanya saja rapat itu diadakan ketika ada yan perlu dirapatkan, Kyai dan ustad hanya menyiapkan materi pengajian kitab kuning sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Kyai dan ustad tidak menggunakan RPP dalam pembelajaran pengajian kitab. Dalam pelaksanaan yaitu, dilakukan dengan pembelajaran pengajian kitab kuning dengan metode ceramah yang disiarkan melalui media radio, kemudian setelah pengajian dilanjutkan dengan tanya jawab terkait masalah agama, adapun kitab yang dikaji pada pendidikan ini adalah kitab safinatun najah, sulam taufik, daqoiqul akhbar, bidayatul hidayah, ibnu aqil (alfiah), fathul qorib, dan tafsir jalalin. Pelaksanaan pendidikan ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat karena pendidikan ini bisa menambah wawasan ilmu agama. Sedangkan untuk evaluasi yaitu, Untuk penilaian pendidikan ini kyai dan ustad hanya melakukan penilaian lisan yaitu dengan menyuruh santri membaca kitab yang telah dimaknai dan memberikan mereka hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:24
Last Modified: 20 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20637

Actions (login required)

View Item View Item