Pola Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Al-Ishlah Curah Kendal Sukamakmur Ajung.

Jannah, Habibatul (2018) Pola Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Al-Ishlah Curah Kendal Sukamakmur Ajung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Habibatul Jannah_0849316032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti Penelitian ini mengkaji pristiwa tentang pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menerapkan pola komunikasi, terkadang seorang guru pandai dalam mendengarkan, menulis akan tetapi guru kesulitan dalam berkomunikasi di dalam pembelajaran.. Fokus penelitian dalam tesis ini yaitu : (1) Bagaimana pola komunikasi pembelajaran satu arah pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Plus AlIshlah Curah Kendal Sukamakmur Ajung?; (2) Bagaimana pola komunikasi pembelajaran dua arah pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Plus AlIshlah Curah Kendal Sukamakmur Ajung?; (3) Bagaimana pola komunikasi pembelajaran multiarah pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Plus AlIshlah Curah Kendal Sukamakmur Ajung? Tesis ini, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan reduksi data, sedangkan penyajian datanya dengan menarik kesimpulan, kemudian untuk memperoleh keabsahan data digunakan triangulasi sumber sebagai pengujinya. Hasil penelitian Pola Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Al-Ishlah Curah Kendal Sukamakmur Ajung, menunjukkan bahwa dengan diterapkanya pola komunikasi satu arah penerapan pola komunikasi pembelajaran satu arah pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, respon peserta didik baik dalam menerima penerapan pola satu arah di dalam kelas. Keadaan kelas menjadi kondusif sehingga peserta didik mudah dalam menerima materi pembelajaran. Penerapan pola komunikasi dua arah di dalam kelas yaitu dengan mengajak peserta didik dalam berdiskusi dan tanya jawab, dan hal tersebut juga melatih peserta didik untuk berani berpendapat serta bertanya kepada guru, jadi peserta didik tidak hanya pasif.. Penerapan pola komunikasi pembelajaran multiarah pada PAI dan Budi Pekerti di SMP Plus Al-Ishlah dapat mengaktifkan peserta didik didalam kelas dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab yang dilakukan oleh guru. Sehingga peserta didik aktif dan bisa menuangkan ide serta pikiran dalam mengikuti pembelajaran dan menjadikan peserta didik berfikir secara kritis dalam menerima materi pembelajaran dari guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:24
Last Modified: 20 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20639

Actions (login required)

View Item View Item