Peran Asuransi Pembiayaan Dalam Manajemen Risiko Pembiayaan Warung Mikro di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember

Fauziah, Ms. (2018) Peran Asuransi Pembiayaan Dalam Manajemen Risiko Pembiayaan Warung Mikro di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Fauziah_083 133 171.pdf

Download (4MB)

Abstract

Negara Indonesia terkenal sebagai Negara berkembang yang masih melaksanakan pembangunan disegala bidang yang salah satunya adalah dibidang ekonomi. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan suatu dana/fasilitas seperti pemberian pembiayaan dengan syarat-syarat yang memadai/ bantuan modal. Meskipun pihak Perbankan dalam memberikan suatu fasilitas pembiayaan kepada seorang debitur telah benar-benar di dasarkan pada prinsip kehati-hatian,namun Namun seringkali kita dihadapkan pada suatu kondisi ketidakpastian atas kebenaran dari apa yang kita prediksikan. Kita hidup dalam dunia yang penuh risiko. Banyaknya risiko yang terjadi karena faktor bencana maupun faktor manusia membuat manusia mulai memikirkan harta dan jiwa mereka. Suatu antisipasi diperlukan untuk mengurangi risiko yang terjadi, maka diperlukan suatu pengalihan risiko kepada pihak lain melalui asuransi Adapun masalah yang diteliti yaitu, 1). Bagaimana peran asuransi pembiayaan dalam manajemen risiko pembiayaan warung mikro di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember, 2). Bagaimana Bank Syariah Mandiri jember menangani risiko pembiayaan yang pembiayaan yang terjadi pada produk warung mikro, 3). Apa saja bentuk asuransi yang diberikan terhadap pembiayaan warung mikro di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian field research. Data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Teknik penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview yang dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Peran asuransi pembiayaan dapat dilihat dari asuransi pembiayaan sebagai Risk Transfer (pemindahan resiko), Assistance to Business Enterprise (bantuan untuk perusahaan bisnis), Reducton of Loss (pengurangan kerugian), Insurance Investment (ansuransi investasi), Equitable Premiums (premi yang setara atau sesuai), 2). Bank Syariah Mandiri kantor area jember melakukan penanganan dengan cara early collection, soft collection, hard collection dan apabila nasabah tidak bersedia untuk dilakukan WO (write off) maka alternatif terakhir yaitu dengan pengalihan kepada asuransi, 3). Sedangkan bentuk asuransi yang diberikan pada produk warung mikro yaitu Asuransi Jiwa (Askrindo Syariah) dan Asuransi Kerugian (Tripa) asuransi jiwa ini yang dipertanggungkan adalah risiko yang disebabkan oleh risiko murni misalnya kematian. Sedangkan untuk asuransi kerugian yang dipertanggungkan dalam hal bangunan misalnya kebakaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:24
Last Modified: 20 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20643

Actions (login required)

View Item View Item